Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Tahun 2035, Jumlah Penduduk di Kupang Diprediksi Capai 686,35 Jiwa

Published

on

Asisten Pemerintahan Kota Kupang, Yos Rera Beka

Kupang, Realitarakyat.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Kupang, memprediksi kepadatan penduduk di wilayah tersebut, dapat mencapai 686,354 jiwa di tahun 2035.

Pemerintah Kota Kupang, akan dihadapkan dengan berbagai persoalan akibat pertumbuhan penduduk, baik kelahiran maupun migrasi pekerja dari berbagai daerah, sehingga perlu ada strategi pengendalian penduduk.

Demikian diungkapkan Asisten Pemerintahan Kota Kupang, Yos Rera Beka, saat membuka Rakor Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, Rabu (11/9/2019).

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PPKB Kota Kupang, Saleh Bahweres mengatakan proyeksi pertambahan penduduk Kota Kupang pada 2035 akan mencapai 686,354 jiwa bukan dari angka kelahiran, namun juga dipengaruhi oleh migrasi penduduk pencari kerja yang terjadi tiap tahun.

Data penduduk Kota Kupang pada 2017 hanya sebanyak 412,708 jiwa dan diprediksi akan meningkat di tahun 2020 menjadi 446,193 dan 2035 naik mencapai 686,354 jiwa.

Menurut Saleh, kepadatan penduduk yang tinggi akan berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan sarana pelayanan publik, sekaligus berdampak rentan terhadap berbagai masalah sosial.

“Proyeksi tersebut bukan dari angka kelahiran saja, namun dari migrasi tiap tahun, kepadatan penduduk berdampak pada permintaan layanan publik yang lebih kompleks serta rentan terhadap berbagai persoalan sosial, sehingga perlu ada pengendalian kuantitas penduduk melalui keluarga berencana,” kata Saleh.

Penyebaran, pertumbuhan dan kepadatan penduduk yang tinggi berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan sarana dan prasarana layanan publik, sekaligus rentan terhadap berbagai masalah sosial. (ndi)

Loading...
Baca Juga :   Dinilai Hambat Penyidikan, Yuli Afra Terancam Hukuman Berat
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Korban Pengeroyokan Masih Rasakan Sakit dan Trauma

Published

on

Hj. Nurhidayah Cowanih tunjukan luka yang masih terasa sakit akibat pengeroyokan. (Foto: Realitarakyat.com/Wisnu Yusep)
Continue Reading

Daerah

Dinyatakan Lengkap, Kasus NTT Fair Dilimpahkan Besok

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pakai APBD DKI Jakarta, Kota Bekasi Siap Bangun Park and Ride

Published

on

Park and Ride. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…