Connect with us

Daerah

Pasca Tsunami, Banyak Rumah dan Ruko di Palu Bertuliskan “Dijual”

Published

on

Palu, Realitarakyat.com – Di sana-sini masih terlihat rumah toko (ruko) yang pernah diterjang tsunami, belum diperbaiki. Ada yang kondisi bangunannya retak, miring serta ada pula yang sudah tidak memiliki pintu.

Selain itu, sebagian besar ruko maupun rumah tinggal yang masih berdiri kokoh di Palu pasca tsunami, terpasang tulisan ‘Dijual Tanpa Perantara’.

“Banyak ruko maupun rumah tinggal mau dijual oleh pemiliknya. Mereka trauma terhadap bencana tsunami di sini,” kata Dahlia (27), salah seorang warga yang tinggal di sekitar pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), rabu (11/9/2019).

Sebelum Kota Palu diterjang tsunami, Dahlia merupakan pedagang yang terbilang sukses. Tetapi setelah Palu terkena bencana alam tsunami, seluruh dagangannya ludes dijarah warga. “Barang-barang dagangan saya habis dijarah, waktu itu,” ujar wanita berhijab itu.

Namun beruntung, saat bencana menimpa Palu, rumah Dahlia luput dari terjangan tsunami. Meski demikian, dia merasa trauma terhadap kejadian yang amat menakutkan itu. Sehingga dua hari pasca tsunami meluluhlantahkan kota Palu, Dahlia langsung bergegas meninggalkan kota Palu. Dia pulang ke daerah asalnya, di kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan.

Saat rumah ditinggal pergi itulah kesempatan para penjarah mengambil dan menghabisi seluruh barang dagangannya yang ada di dalam rumah.

“Yang tersisa hanya satu unit mesin parut kelapa, lemari es, dan rak-rak jualan. Barang dagangan, berupa sembilan bahan pokok (sembako) dan rokok ludes,” ujarnya, sebari menambahkan bahwa dirinya baru kembali lagi berusaha berjualan mulai dari nol.

“Ini baru mulai jualan lagi, setelah ada pinjaman modal dari saudara saya,” tutur Dahlia. Dia menambahkan, dirinya sampai saat ini belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, padahal tetangganya sudah mendapatkan bantuan. (hal/ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Si Jago Merah Amuk Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU

Published

on

Continue Reading

Daerah

Inspektorat Paluta Gelar Penutupan Kas Desa Bagi Kepala Desa Yang Berganti

Published

on

Continue Reading

Daerah

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Turunkan 40 Petugas dan Pompa Mobile

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending