Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

OPD di Pangkep Berlomba Buat Inovasi

Published

on

Pangkep, Realitarakyat, com – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene & Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, kini tengah berlomba membuat inovasi dalam rangka meningkat pelayanan kepada masyarakat.

Untuk mengetahui dan memahami program inovasi yang digagas pimpinan OPD tersebut, Pemkab Pangkep melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbanda) Kabupaten Pangkep, menggelar lomba dan pameran inovasi daerah Kabupaten Pangkep, Rabu (11/9/2019).

Ada 8 OPD Lingkup Pemkab Pangkep yang turut serta dalam ajang ini, yakni Dinas Perhubungan dengan judul inovasi Cipta Pesona Pelayaran Rakyat, Dinas Perikanan (Camilan Ikan untuk Generasi Muda) Badan Ketahanan Pangan (Sistem Pertanian Hidroponik Mewujudkan Kemandirian Pangan) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Risih Dilayani, Dari Sanksi Jadi Layanan Izin).

Di ajang lomba dan pameran inovasi yang dibuka Bupati Pangkep, H.Symsuddin A Hamid, juga dihadiri Kecamatan Bungoro dengan judul inovasi ‘Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Mediasi Konflik Pertanahan melalui Kelompok dan Kecamatan Labakkang’, dengan inovasi yang ditampilkan adalah Sistem Informasi Pemerintahan (Siphan).

Ajang lomba inovasi daerah yang dihadiri Kepala Puslitbang LAN RI Makassar, Andi Taufik ini juga diikuti Dinas Kesehatan dan 7 Puskesmas di Kabupaten Pangkep, yakni Puskesmas Baring Kecamatan Sigeri dengan judul Inovasi ‘Topi Santik’ (Kantong Pemantauan Imunisasi Bersama Sertifikat).

Puskesmas Kota Pangkajene menampilkan inovasi berjudul Kursus Cantik Calon Pemantau Jentik, sebuah metode pembelajaran dalam menekan angka kejadian deman berdarah. Puskesmas Padang Lampe dengan inovasi Gema Pa Haji (Gerakan Masyarakat Padang Lampe Sehat Jiwa).

Puskesmas Minasatene menampilkan Inovasi Aplikasi Simpus Gizi KIA, Puskesmas Taraweang dengan inovasi yang digagas adalah Geliku (Gerakan Eliminasi Kusta) RT bebas kusta dan Puskesmas Bungoro menampilkan inovasi Senam Kaki Diabetes Mellitus (SKAK DM).

Baca Juga :   Dugaan Korupsi Piala Wali Kota Kupang, Penyidik Polres Datangi Kemenpora

Kepala Badan Litbangda Pangkep, Risnawati Sakkirang, mengungkapkan, Lomba inovasi yang dirangkaikan pameran peserta inovasi daerah Kabupaten Pangkep 2019 untuk menciptakan budaya inovasi di lingkungan Pemkab Pangkep dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik.

Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan PP Nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah, Peraturan MenPANRB RI NO.30/2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik, peraturan MenPANRB RI No.3/2018 tentang kompetisi inovasi pelayanan publik, SK Bupati Pangkep No.211/2019 tentang Tim Pelaksana Lomba Inovas Daerah Kabupaten Pangkep 2019 dan SK Bupati Pangkep No.225 tentang Tim Penilai Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Pangkep 2019.

“Tim penilai lomba inovasi daerah dan pameran inovasi daerah ini berasal dari P3KMP II LAN Makassar dan Balitbangda Provinsi Sulsel,” terang Risnawati. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Pakai APBD DKI Jakarta, Kota Bekasi Siap Bangun Park and Ride

Published

on

Park and Ride. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Daerah

Peringati Hari Jadi Kota Bandung, Warga ‘Ngabring’ Sholat Subuh Akbar

Published

on

Continue Reading

Daerah

Diapresiasi, Swasta yang Kembangkan Pendidikan di Daerah 3T

Published

on

Mendikbud Muhadjir Effendy saat membagikan sembilan unit komputer tablet, yang didalamnya sudah terdapat Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan aplikasi Rumah Belajar di Natuna, Kepulauan Riau. (Foto: Kemendikbud)
Continue Reading




Loading…