Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Marwata: Mana yang Lebih Baik, Pencegahan atau OTT

Published

on

Calon pimpinan KPK, Alexander Marwata. (foto: ist/net)

Jakarta, Realitarakyat.com – Komisi III DPR melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hari ini, merupakan hari terakhir sebelum diumumkan siapa yang bakal lolos dari 10 nama yang menjadi peserta fit and proper test.

Selanjutnya menurut rencana, Kamis malam ini Komisi III akan melakukan finalisasi untuk menentukan calon terpilih. Bisa dilakukan secara musyawarah mufakat atau melalui voting apabila tidak mencapai kesepakatan.

Sementara calon petahana, Alexander Marwata, dalam uji kepatutan dan kelayakan, menekankan pentingnya upaya pencegahan ketimbang penindakan atau operasi tangkap tangan (OTT), seperti yang selama ini dilakukan KPK.

Marwata mengakui, langkah KPK yang kerap melakukan OTT, dinilai sebagai upaya yang tidak terkesan oleh dirinya. Dia menyebutkan hanya orang ‘goblok’ yang bisa terkena OTT.

Meski demikian, Marwata mengatakan, langkah OTT yang diambil KPK dalam memberantas korupsi, mendapat sambutan positif dari masyarakat. Namun hal itu sesungguhnya merupakan suatu tindakan setelah terjadinya korupsi.

Padahal, kata Marwata, KPK bisa melakukan pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi.

“OTT merupakan langkah yang tidak bisa dicegah. Saya pernah berdiskusi dengan bagian penindakan terkait pentingnya OTT atau pencegahan. Saya pernah menyampaikan begini, taruhlah ada pengusaha yang akan memberikan uang untuk memenangkan lelang. Mana yang lebih baik, kita cegah pengusaha itu memberikan uang, kita pastikan proses lelang itu atau kita tunggu pengusaha itu memberikan uang kepada penyelenggara negara,” ujarnya menggambarkan. (ndi)

Loading...
Baca Juga :   Komisi III Pastikan Kamis Sudah Ada Pimpinan Baru KPK
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

GeRah: Amien Rais Bukan Inisiator Wacana Amandemen UUD

Published

on

Buku UUD 1945 dan Perubahannya. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Nasional

Kontras Curiga Penundaan RKUHP Cuma Akal-akalan

Published

on

Continue Reading

Nasional

Ditanya Hewan Kesukaan, Jawaban Cucu Presiden Jokowi Bikin Ngakak

Published

on

Presiden RI Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes Sri Narendra / Net
Continue Reading




Loading…