Connect with us

Nasional

Habibie Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia, yang wafat pada hari, Rabu (11/9/2019), akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Habibie, akan di makamkan di samping makam istrinya, Ainun Habibie, di slot 120 dan 121. B.J. Habibie, menjadi Presiden RI pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata.

Presiden pertama RI, Soekarno yang wafat pada 21 Juni 1970, dimakamkan di kompleks pemakaman seluas di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar, Jawa Timur.

Makam Soekarno berdampingan dengan makam kedua orangtuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei. Pusara Bung Karno dan kedua orangtuanya ditempatkan di sebuah bangunan khas masyarakat Jawa yakni joglo.

Sedangkan Presiden ke-2 RI, Soeharto yang wafat pada 27 Januari 2008 dimakamkan di kompleks makam di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kompleks pemakaman tersebut dikenal dengan nama Astana Giribangun.

Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang wafat pada 30 Desember 2009 dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

Makam Gus Dur berada sebelah utara pusara kakeknya yang juga pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Indonesia Hormati Kebijakan Arab Saudi yang Tutup Akses Untuk WNA ke Negaranya

Published

on

Continue Reading

Nasional

Sampai Sekarang 1.688 WNI Masih Bertahan di China

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR Yakini Pemerintah India Mampu Atasi Konflik di New Delhi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending