Connect with us

Hukum

Polisi Ungkap Jaringan Pemalsu KIR

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Keberadaan jaringan pemalsuan dan pembuat buku Kartu Izin Berkala (KIR) kendaraan angkutan barang dan kendaraan berat, terendus kepolisian.

Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pun berhasil menangkap empat orang pelaku yang kini bersetatus sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono yang memimpin gelar kasus di Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengatakan, terungkapnya kasus tersebut berawal dari informasi yang masuk ke penyidik Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

“Penyidik lalu membentuk tim dipimpin Kasat Reskrim. Penyelidikan dilakukan ditemukan penggunaan KIR diduga palsu, KIR ini memang ada, tapi tidak terdaftar di Dinas Perhubungan,” kata Argo, Rabu (11/9/2019).

Awal mula petugas mengamankan seorang pelaku berinisial ID yang kedapatan membawa KIR yang seolah-olah asli, padahal palsu karena tidak terdaftar di database Dishub.

Berdasarkan keterangan ID, petugas memperoleh informasi KIR tersebut didapat dari biro jasa. Dari sanalah petugas lalu mengamankan pelaku lainnya berinisial IZ.

Dari kedua tersangka, petugas mengembangkan lagi hingga mendapat dua tersangka lainnya yakni AS dan DP.

AS memiliki peran sebagai petugas pengisi data buku KIR. Tugas ini dilakukan bersama-sama IZ. Setelah data dimasukkan, buku KIR siap dicetak.

AS bertugas atas perintah DP yang mengaku sebagai staf Dinas Perhubungan. Keterampilan DP dalam membuat KIR palsu berasal dari kenalannya seorang petugas Dishub. [ipg]

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Polisi Diminta Segera Ungkap Pelaku Pembunuhan Hakim Jamaluddin

Published

on

Hakim Jamaluddin PN Medan / Net
Continue Reading

Hukum

Usut Korupsi Pokir dan BOP DPRD Garut, Kejari Periksa Politikus Golkar

Published

on

Continue Reading

Hukum

Polisi Dalami Pelaku Lain Kasus Persekusi Anggota Banser

Published

on

Continue Reading




Loading…