Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Pepen: Bila Teknologi Ada, Sampah di Bantar Gebang Tak Menggunung

Published

on

Walikota Bekasi, Rachmat Effendi

Bekasi, Realitarakyat.com – Aktor pemeran utama film Titanic, Leonardo Dicaprio, menyoroti bahaya efek rumah kaca dari produksi sampah plastik yang kini ditampung di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang. Kritikan tersebut, disampaikannya lewat postingan gambar di akun Instagram miliknya pada pertengahan Maret 2019.

Menanggapi kritikan itu, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyalahkan lambatnya Indonesia mengikuti perkembangan teknologi. Menurut dia, bila saja Indonesia ketika itu tidak tertinggal dalam masalah teknologi, mungkin saja sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang tidak bertumpuk seperti gunung.

“Kalau dulu sudah ada teknologi, kemungkinan tidak akan seperti itu (menumpuk layaknya gunung),” kata dia, Rabu (11/9/2019).

Terlebih, kata dia, produksi sampah di Kota Bekasi diperkirakan sebanyak 1.800 ton per hari, sedangkan tumpukan sampah di TPST juga sudah hampir melebihi kapasitas dengan ketinggian mencapai 20-30 meter dari permukaan tanah.

Dia mengatakan, setiap hari volume sampah yang masuk ke TPST mencapai 900 ton, namun untuk mengurangi volume gunungan sampah di dalam TPST belum ada solusi yang berjalan.

Sementara PT NW Abadi selaku pihak ketiga pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) masih menyelesaikan kerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara terkait penjualan sampah yang dihasilkan.

Untuk saat ini, Rahmat tak bisa memastikan kapan tiga perusahaan tersebut mulai beroperasi. “Ini baru PKS, nanti ke depannya akan dibahas,” kata dia.

Pemerintah Kota Bekasi sebetulnya sudah memiliki PLTS di Bantar Gebang sejak 2016 silam. Hingga Jumat (2/9/2019), pemerintah sudah melakukan uji coba ketiga kali, namun pembangkit listrik tenaga sampah ramah lingkungan tersebut belum juga beroperasi hingga saat ini.

Kerja sama yang dilakukan Pemerintah Kota Bekasi dengan PT NW Abadi, merupakan kerja sama investasi. Besaran investasi yang ditanamkan oleh PT NW Abadi adalah sebesar 121,1 juta dolar AS. (ndi)

Baca Juga :   Colt Diesel Kontra Honda Beat di Langsa, Seorang Pelajar Meninggal
Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Pakai APBD DKI Jakarta, Kota Bekasi Siap Bangun Park and Ride

Published

on

Park and Ride. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Daerah

Peringati Hari Jadi Kota Bandung, Warga ‘Ngabring’ Sholat Subuh Akbar

Published

on

Continue Reading

Daerah

Diapresiasi, Swasta yang Kembangkan Pendidikan di Daerah 3T

Published

on

Mendikbud Muhadjir Effendy saat membagikan sembilan unit komputer tablet, yang didalamnya sudah terdapat Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan aplikasi Rumah Belajar di Natuna, Kepulauan Riau. (Foto: Kemendikbud)
Continue Reading




Loading…