Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Pilkada 2020, Parpol Diminta Buka Rekam Jejak Calon yang akan Diusung

Published

on

Ketua Bawaslu, Abhan

Jakarta, Realitarakyat.com – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Abhan meminta kepada semua partai politik untuk membuka secara transparan terkait data-data kandidat calon kepala daerah yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) 2020.

Hal itu disampaikan Abhan, karena dirinya menilai, publik harus mengetahui bagaimana rekam jejak dan visi misi setiap kandidat agar masyarakat mengetahui siapa yang pantas menjadi pimpinan daerahnya.

“Tentu untuk mendapatkan kandidat yang baik, harus dengan proses yang baik kan? Salah satu proses yang baik itu adalah proses yang transparan,” kata Abhan, di Jakarta, Senin (10/9/2019).

Abhan pun berharap, dengan adanya transparansi publikasi terkait calon kandidat, hal tersebut dapat menanggulangi calon calon koruptor yang ingin maju dalam kontestasi demokrasi daerah tersebut.

“Bilamana dibuka, masyarakat dapat mengetahui siapa saja yang maju. Sosok yang maju pun akan berkaca diri sebelum dinilai dan dikritik oleh masyarakat sendiri apakah memiliki rekam jejak yang bagus ataupun buruk. Hal ini saya yakin berhasil menangkal munculnya kandidat-kandidat yang nakal,” paparnya.

Bilamana ada yang menilai mekanisme ini tidak maksimal, Abhan pun tetap optimis bahwa pola transparansi kandidat ini tetap efektif, hanya saja memerlukan beberapa evaluasi tambahan.

“Yang sudah berjalan akan dievaluasi, alat uji terkait transparansi akan ditambah dan beberapa kekurangan pun perlu diperbaiki,” tandasnya. (ndi)

Loading...
Baca Juga :   Apresiasi Film Indonesia, Zulhas Nonton 'Benyamin Biang Kerok' Bareng Komedian
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Kontras Curiga Penundaan RKUHP Cuma Akal-akalan

Published

on

Continue Reading

Nasional

Ditanya Hewan Kesukaan, Jawaban Cucu Presiden Jokowi Bikin Ngakak

Published

on

Presiden RI Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes Sri Narendra / Net
Continue Reading

Nasional

Keterpilihan Hanif Dhakiri Tak Mengejutkan

Published

on

Plt. Menpora Hanif Dakhiri. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…