Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

‘Makan’ Uang Negara, KPK Tak Pantas Membangkang Pemerintah

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Tidak etis, institusi yang masih dibiayai oleh negara justru melakukan pembangkangan melalui wadah pegawai, terhadap keputusan pemerintah terkait hasil calon pimpinan KPK.

Demikian disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S. Pane dalam rapat dengar pendapat umum dengan Komisi III DPR, di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Padahal, kata dia, sebagai aparatur sipil negara, seharusnya para pegawai tunduk dan taat atas setiap keputusan yang dikeluarkan pemerintah.

“KPK sebagai sebuah lembaga pemberantasan korupsi yang dibiayai negara, sehingga seluruh pegawainya adalah pegawai negara yang tergabung dalam korps pegawai negeri RI (Korpri) yang terkait dengan UU Kepegawaian ASN,” kata Neta.

“Sehingga jika pemerintahnya membutuhkan para pegawai KPK itu untuk dimutasi ke instansi atau departemen lainnya, maka kedudukannya sama dengan ASN lainnya di luar KPK.”

Tidak hanya itu, Neta juga mengkritisi keberadaan dan sikap wadah pegawai yang cenderung menebar fitnah soal adanya dugaan Capim KPK yang bermasalah.

“Sebab, sejauh ini tidak ada satu bukti pun yang pernah ditunjukan oknum tersebut, bahwa Capim KPK yang dimaksudkan bermasalah,” kata dia.

Oleh karena itu, Neta menilai sikap yang ‘semau gue’ ditunjukan pimpinan maupun wadah pegawai KPK, tidak lain karena tidak adanya pengawasan terhadap institusi ad hoc tersebut.

“Tidak adanya kontrol terhadap KPK, sehingga orang-orang di KPK merasa full power dan merasa ‘punya kerajaan sendiri’ yang tidak bisa disentuh oleh siapapun di negeri ini,” kata dia.

“Sikap ngawur dan kebablasan KPK ini tidak bisa dibiarkan, dan setiap unit kerja lembaga pemerintahan harus bisa dikontrol agar tidak lazim dan tidak semena-mena.” [ipg]

Loading...
Baca Juga :   Pilpres Aman Ekonomi Indonesia akan Makin Kuat
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Pilkada 2020

Bawaslu Ajak Masyarakat Tekan Korupsi dan Politik Uang dalam Pilkada

Published

on

Ketua BAwaslu RI Abhan. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Politik

Warga Garut Protes, Caleg Terpilih DPR RI Dicoret Diganti Mulan Jamela

Published

on

Solidaritas Aktivis, Pemuda dan Masyarakat Garut / Net
Continue Reading

Politik

Penundaan RKUHP, Masyarakat Jangan Lengah Seperti RUU KPK

Published

on

Pengamat Politik dari Lingkar Madani (Lima), Ray Rangkuti / Net
Continue Reading




Loading…