Connect with us

Daerah

Kejati NTT Lakukan Penyidikan Tahap II di Kasus NTT Fair

Published

on

Kupang, Realitarakyat.com – Setelah dinyatakan lengkap (P-21) oleh jaksa peneliti berkas, tim penyidik Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Kejati NTT melakukan penyidikan tahap II kasus dugaan korupsi pembangunan gedung pameran NTT Fair tahun 2018 senilai Rp29 miliar.

Tahap dua yang dilakukan dari tangan tim penyidik Tipidsus Kejati NTT kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Kota Kupang, Selasa (10/9/2019).

Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT, Abdul Hakim, S. H yang ditemui di Kantor Kejati NTT membenarkan adanya tahap II oleh penyidik Tipidsus Kejati NTT kepada JPU Kejari Kota Kupang.

“Iya benar. Hari ini ada tahap II kasus NTT Fair dari tangan penyidik Tipidsus Kejati NTT ke tangan JPU Kejari Kota Kupang,” kata Abdul.

Dijelaskan Abdul, tahap II yang dilakukan penyidik Tipidsus Kejati NTT kepada JPU Kejari Kota Kupang, setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P-21) oleh jaksa peneliti berkas perkara.

Dilanjutkan Abdul, setelah dilakukan tahap II oleh penyidik Tipidsus Kejati NTT, maka berkas perkara selanjutnya akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang oleh JPU Kejari Kota Kupang.

“Setelah tahap II, tinggal JPU Kejari Kota Kupang limpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang untuk disidangkan,” ujarnya.

Tahap II yang dilakukan, kata Abdul, penyidik menyerahkan berkas perkara, barang bukti dan enam orang tersangka diantaranya, Yuli Afra (mantan Kadis PRKP NTT), Dona Toh (PPK), Linda Liudianto, Hadmen Puri, Barter Yusuf dan Ferry . Pandie.

Terpisah, Fransisco B. Bessie kuasa hukum Barter Yusuf mengatakan bahwa kiranya berkas perkara yang sudah tahap II segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang.

Menurut pengacara yang akrab disapa Sisco ini meminta agar segera dilimpahkan agar tersangka khususnya Barter Yusuf mendapatkan kepastian hukum dalam kasus itu.

“Saya harap segera limpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang untuk disidangkan agar klien saya dapatkan kepastian hukum. Toh, tersangka juga sudah mengakui semua perbuatannya. Dan, tinggal pembuktian saja di Pengadilan Tipikor Kupang,” kata Sisco.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Kupang, Max Oder Sombu, S. H, MH kepada wartawan menegaskan bahwa setelah menerima tahap II dari penyidik Tipidsus Kejati NTT, pihaknya segera melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor Kupang.

Menurut Oder Sombu, paling lambat 20 hari semenjak diterimanya berkas perkara, barang bukti dan tersangka, JPU akan melimpahkannya untuk disidangkan di Pengadilan Tipikor Kupang. (ndi)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Angka Stunting di Cirebon Naik

Published

on

Ilustrasi stunting. (Net)
Continue Reading

Daerah

Ini Syarat Khusus CPNS Daerah 2019 di Kabupaten TTS

Published

on

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Timor Tengah Selatan Linda Fobia. (Foto: realitarakyat.com/Simron Yerifrans)
Continue Reading

Daerah

Proyek Jaringan Kabel Utilitas Bawah Tanah Cikini Selesai Akhir Desember

Published

on

Proyek Kabel Cikini / Net
Continue Reading




Loading…