Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Olahraga

Sponsorship Olahraga Harus Taat Hukum

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengatakan, sponsorship harus taat aturan, dan tidak melanggar undang-undang. Itu, berlaku pula untuk bidang olahraga.

Hal tersebut disampaikan Yohana, ketika ditanya wartawan tentang polemik audisi beasiswa bulutangkis oleh perusahaan rokok.

“Harus tunduk pada undang-undang. Undang-undang adalah hukum positif yang dibuat secara nasional,” kata Menteri Yohana, di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Yohana mengatakan, audisi beasiswa bulutangkis yang dilakukan perusahaan rokok melanggar Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002, tentang Pelindungan Anak dan Undang Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Itu melanggar hak anak. Kami tetap tegas. Jangan memperalat anak-anak,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait mengatakan, penggunaan brand image produk rokok dalam audisi pencarian minat bakat olahraga masuk dalam kategori iklan terselubung.

Arist menilai penggunaan brand tersebut merupakan cara jitu bagi industri rokok memperkenalkan produknya kepada anak. Padahal rokok memiliki zat adaptif dan berbahaya apabila dikonsumsi terutama untuk usia anak.

“Dalam perspektif perlindungan anak dari bahaya zat adiktif termasuk bahaya rokok dan demi kepentingan terbaik anak atas haknya terhadap kesehatan dasar, tidaklah berlebihan jika Komnas Perlindungan Anak sebagai institusi independen yang diberikan mandat tugas dan fungsi untuk memberikan pembelaan dan perlidungan anak menolak secara tegas segala bentuk iklan, promosi dan sponsor rokok dikalangan anak-anak melalui pencarian minat dan bakat anak atas olahraga bulutangkis,” kata Arist kemarin. [ipg]

Loading...
Baca Juga :   Ivan Rakitic Sebut Leonel Messi Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Olahraga

Sandiaga Dukung Formula E di Jakarta

Published

on

Continue Reading

Daerah

Erick Jajaki Peluang Jadi Investor Persis Solo

Published

on

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Olahraga

Pamit, Imam Nahrawi Minta Didoakan

Published

on

Imam Nahrawi / Doc Kemenpora RI
Continue Reading




Loading…