Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hukum

Revisi UU KPK, DPR Dianggap Ingin Halalkan Korupsi

Published

on

Jakarta, Realiatarakyat.com – Revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi sudah diketok dalam Rapat Pairpurna DPR RI, Kamis (5/9/2019) kemarin. Ada sejumlah pasal yang memang di revisi.

Atas hal itu, sejumlah LSM dan wadah pegawai KPK melakukan aksi menolak revisi UU KPK itu, karena secara tidak langsung memangkas kewenangan KPK selaku lembaga adhoc.

Begitu juga penolakan datang dari Roda Institut. Mereka menganggap DPR RI melakukan pembahasan revisi UU KPK ini terkesan terburu-buru.

“Ini ada apa? Terkesan sembunyi dan terburu-buru? Minta dong aspirasi dan partisipasi masyarakat,” kata Direktur Roda Institute, Ahmad Rijal Ilyas kepada Realitarakyat.com.

Lembaga rasuah ini, dia melihat, sengaja dipreteli dalam ruang gerak pemberantasan korupsi. Revisi UU KPK ini juga, lanjut dia sebagai upaya maling-maling anggaran untuk menekan KPK.

“KPK tidak boleh dilemahkan, jangan masuk pada kepentingan maling-maling anggaran negara yang takut terjerat korupsi,” kata Rijal.

Apalagi, kata dia, selama ini banyak pihak menuding KPK sudah melakukan praktik politik. Dia pun meminta, pihak-pihak yang menuding itu bisa membuktikan, jangan hanya asbun (asal bunyi).

“Kan selama ini yang ditangkap dan ditersangkakan oleh KPK memang benar-benar terbukti dan disidangkan, apa kalian ingin korupsi dihalalkan?” kata dia.

Mantan aktivis UIN Jakarta ini berharap kepada masyarakat Indonesia agar menyatukan kekuatan untuk menolak revisi UU KPK yang sudah diloloskan DPR RI itu.

“Jangan sampai karena adanya kepentingan-kepentingan sekelompok orang, KPK dilemahkan, lalu bagaimana negara ini bersih dari koruptor,” katanya. [ipg]

Loading...
Baca Juga :   Jokowi Sebut Yusril Profesional
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Penegakan Hukum dan HAM Era Kedua Jokowi Diprediksi Makin Kelam

Published

on

Presiden RI Joko Widodo / Net
Continue Reading

Hukum

Perekam Video ‘Penggal Jokowi’ Sujud Syukur Setelah Divonis Bebas

Published

on

Ina Yuniarti Lakukan Sujud Syukur Setelah Divonis Bebas / Net
Continue Reading

Daerah

Anggota DPRD Periode 2014 – 2019 Kembalikan Kerugian Negara 

Published

on

Gedung DPRD Kota Tanjungbalai. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…