Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

700 Mahasiswa Asal Papua Pulang

Published

on

Kapolda Papua Irjen Rudolf Rodja / Net

Jayapura, Realitarakyat.com – Hingga saat ini, tercatat ada 700 mahasiswa asal Papua yang sebelumnya kuliah di berbagai perguruan tinggi, pulang dan berada di Jayapura.

Hal itu disampaikan Kapolda Papua Irjen Rudolf Rodja usai melakukan pertemuan dengan Rektor Uncen dan Purek III USTJ, di Jayapura, Senin (9/9/2019).

“Sekitar 700 mahasiswa yang sudah pulang itu terbanyak yang kuliah di Manado,” kata Irjen Rodja, yang menyayangkan kepulangan ratusan mahasiswa itu, karena akan berdampak kepada masa depan mereka sendiri.

Padahal Kapolri sendiri sudah menyampaikan kepada seluruh kapolda, agar memberikan jaminan keamanan kepada mahasiswa, sehingga mereka tetap berkuliah dengan aman hingga selesai.

“Mahasiswa jangan menjadi korban dari kepentingan elit-elit atau kelompok tertentu karena sangat kecil kemungkinan mereka dapat melanjutkan pendidikannya di berbagai perguruan tinggi yang ada di Papua,” kata dia.

Kapolda mengajak mahasiswa yang masih berada di berbagai kota di Indonesia agar tetap melanjutkan pendidikannya, dan tidak terpengaruh karena keamanan mereka dijamin seperti halnya mahasiswa lainnya.

“Tidak perlu takut dan lakukanlah aktivitas seperti biasa karena polisi menjamin keamanan.”

Sementara itu, menurut Rektor Universitas Cenderawasih, Apolo Safanpo, mahasiswa asal Papua yang saat ini kembali sulit untuk melanjutkan kuliahnya di Uncen atau perguruan tinggi lainnya.

Sebab, daya tampung Uncen sendiri terbatas, bahkan saat ini dipaksakan agar dapat menerima 6.000 mahasiswa dari daya tampung hanya 4.000 mahasiswa.

Selain daya tampung, untuk pindah kampus ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi mahasiswa yang bersangkutan. Perpindahan, tidak semudah yang dibayangkan.

Sangat kecil kemungkinan mahasiswa yang sebelumnya kuliah di berbagai kota di Indonesia bisa melanjutkan studinya diberbagai perguruan tinggi di Papua,” kata Apolo bersama Kapolda Papua. [ipg]

Baca Juga :   Mahasiswa Keluarkan Mosi Tidak Percaya Kepada DPR
Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

DPRD Jabar Boleh Bentuk AKD tanpa Menunggu Tatib Disahkan

Published

on

Ketua Panitia Khusus Tata Tertib (Tatib) DPRD Jabar Daddy Rohanady. (Foto: Realitarakyat.com/Achmad Ariesmen)
Continue Reading

Daerah

Peluang Investasi di Jabar Terpengaruh Rencana Pindah Ibukota Negara

Published

on

Kepala Bidang Pengendalian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat, Diding Abidin. (foto: ist/net)
Continue Reading

Daerah

Optimis Menang, Jidan Gunorejo Maju Lagi di Pilkades Menoro

Published

on

Continue Reading




Loading…