Connect with us

Daerah

Tetap Menyandang Type C, RSUD Praya Batal Turun Kelas

Published

on

Direktur RSUD Praya, Muzakir Langkir

Mataram, Realitarakyat.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) batal memberikan penilaian type D kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Lombok Tengah NTB. Pembatalan tersebut setelah adanya sanggahan yang dilayangkan pihak RSUD Praya.

Muzakir Langkir, selaku Direktur RSUD Praya, mengakui Kementrian Kesehatan RI, melalui suratnya nomor YR 05.01/III/3787/2019 telah mengeluarkan rekomendasi ulang penyesuaian kelas bagi 615 rumah sakit.

Dalam surat tersebut telah dinyatakan RSUD Praya batal turun kelas dari sebelumnya type C menjadi type D. “Alhamdulillah type RS kita masih tetap C, bukan turun menjadi D,” ujarnya, di Praya, Kamis (5/9/2019).

Dikatakan Muzakir, selama masa sanggahan, telah dilaksanakan review kelas, berdasarkan hasil tersebut, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan RI akan dijadikan dasar pemberian ijin operasional baru.

Diakuinya, tertanggal 15 Juli 2019 lalu, RSUD Praya masuk katagori type D karena tidak memenuhi prasarana dan pralatan dan standar minimal SDM. Namun pihaknya langsung memberikan klarifikasi bahwa SDM maupun fasilitas di rumah sakit ini sudah lengkap.

Selain itu, Menkes RI melakukan pendataan dengan versi terbaru dalam meng-update data sedangkan pihaknya masih menggunakan sistem lama.

“Sistem aplikasi pendataan yang baru belum disosialisasikan oleh Kemenkes, namun saat ini semua data sudah kita klarifikasi,” katanya.

Muzakir berkomitnen, ke depan RSUD Praya akan terus melakukan pembenahan, termasuk petugas IT (Informasi Teknologi) yang nantinya melakukan input data pelaporan, karena pihaknya harus mempunyai petugas yang mahir di bidangnya.

Resiko apabila RSUD turun kelas, maka akan berpengaruh terhadap sistem pembayaran BPJS. “Ya Alhamdulillah sekarang semua sudah berjalan sesuai harapan,” terang Muzakir. (ndi)

Loading...
Loading...

Daerah

Si Jago Merah Amuk Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU

Published

on

Continue Reading

Daerah

Inspektorat Paluta Gelar Penutupan Kas Desa Bagi Kepala Desa Yang Berganti

Published

on

Continue Reading

Daerah

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Turunkan 40 Petugas dan Pompa Mobile

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending