Connect with us

TNI -POLRI

Kapolri Sebut Kerusuhan Papua Ada Hubungan dengan Jaringan Luar Negeri

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Polri dan TNI akan terus menambah pasukan untuk mengamankan Papua dan Papua Barat, hingga kondisi di sana pulih.

Demikian disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2019).

Sampai saat ini, kata polisi bintang empat itu, sudah 6.000 personel gabungan TNI dan Polri ditugaskan di Papua dan Papua Barat. Untuk pengamannya, difokuskan di Manokwari, Sorong, Paniai, Deiyai, Nabire, dan Fakfak.

“Kalau kurang akan saya tambah lagi tambah, saya dengan Pak Panglima (Panglima TNI) sudah komitmen, kurang akan tambah lagi sampai situasi aman dan kita akan berangkat ke sana untuk jaga keamanan,” kata Tito.

Selain itu, pihaknya sedang mencari dalang atau provokator yang mengakibatkan wilayah Indonesia bagian paling Timur itu menjadi mencekam.

Kapolri menduga adanya keterlibatan kelompok lain dalam rangkaian kerusuhan di Papua dan Papua Barat yang menyebarkan propaganda melalui berita bohong.

“Kita sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di Internasional ya. Jadi kita harus menanganinya memang di dalam maupun di luar negeri,” kata Tito.

Kendati demikian, ia emoh menyampaikannya secara detail asal kelompok yang dimaksud. Ia hanya menegaskan, pihaknya masih mendalami keterlibatan kelompok asing dalam rangkaian kerusuhan di Bumi Cenderawasih tersebut. Termasuk Kepolisian berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

“Kita (langsung) kerja sama dengan kementerian Luar Negeri dan intelijen,” ujar Tito. [zal/ipg]

Loading...
Loading...

TNI -POLRI

Polri Perpanjang Masa Kerja Satgas Nemangkawi di Papua

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

TNI -POLRI

Kapal-kapal China Sudah Tinggalkan Natuna

Published

on

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksda TNI Yudo Margono saat melakukan patroli udara. (Foto: Puspen TNI)
Continue Reading

TNI -POLRI

Kasum TNI Cek Kesiapan dan Kekuatan Prajurit TNI di Perbatasan RI-Malaysia

Published

on

Kepala Staf Umum (Kasum) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Letjen TNI Joni Suprianto saat mengecek kesiapan dan kekuatan prajurit TNI di Komando Taktis (Kotis) dan Pos Pengamanan Terbatas (Pamtas) Yonif Raider 600/Modang, Nunukan Kalimantan Utara. (Foto: Puspen TNI)
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending