Connect with us

Politik

Iuaran Naik, Mardani Khawatir Rakyat Jadi Ogah Bayar BPJS

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Keputusan pemerintah untuk menaikan iuran anggota BPJS Kesehatan sangat memberatkan masyarakat. Terlebih, di tengah beban perekonomian yang kian sulit dirasakan rakyat Indonesia.

“Keputusan ini sangat memberatkan di tengah beban hidup rakyat yang semakin sulit. Keinginan memindahkan ibukota dengan biaya besar, di sisi lain malah menaikkan iuran BPJS Kesehatan, dapat menciderai hati nurani dan rasa keadilan rakyat,” kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, di Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Ia juga menilai kenaikan iuran BPJS Kesehatan, upaya pemerintah melimpahkan permasalahan pengelolaan kelapada rakyat.

“Jangan bebani rakyat terhadap masalah yang bersumber dari dalam BPJS,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR itu.

Tidak hanya itu, dengan menaikkan iuran belum tentu dapat mengatasi permasalahan defisit yang sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Dengan tingginya besaran iuran, bisa jadi penerimaan BPJS Kesehatan justru menurun, karena masyarakat semakin berat untuk membayar.

“Hasil audit BPKP terhadap BPJS Kesehatan menunjukkan bahwa sumber masalah sebenarnya selama ini bukan pada besarnya iuran, tetapi pada aspek pengelolaan BPJS Kesehatan yang bermasalah,” kata dia.

Seperti diketahui, Kelas I dari Rp 80 ribu menjadi Rp 160 ribu. Kelas II dari Rp 51 ribu menjadi Rp 110 ribu. Kelas III dari Rp 25.500 menjadi Rp 42 ribu.

Pemerintah beralasan kenaikan untuk menutup defisit BPJS tahun 2019 yang diperkirakan sebesar Rp 28,5 triliun. [zal/ipg]

Loading...
Loading...

Politik

Yasonna Segera Kirim Surat Pengunduran Diri ke DPR

Published

on

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly / Net
Continue Reading

Politik

Jadi Menhan, Prabowo Tetap Ketum Gerindra

Published

on

Menhan Prabowo Subianto / Net
Continue Reading

Politik

Cacat Administrasi, Komisi III Diminta Tolak Calon Kapolri

Published

on

Ketua Presidium IPW Neta S Pane. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…