Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ragam

DKI Canangkan Gerakan Sampah Tanggung Jawab Bersama

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan gerakan masyarakat sampah tanggungjawab bersama, untuk mengurangi dan mengolah sampah sejak dari sumber.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, awal, sebanyak 22 RW di Jakarta menjadi pelopornya. Dan ke depan, gerakan ini akan diaplikasikan ke seluruh RW se-Jakarta, yang jumlahnya mencapai 2.927.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam keterangan yang diterima wartawan, Minggu (25/8/2019).

Disampaikan Anies, pengelolaan sampah memerlukan perubahan pola pikir masyarakat. Kota, kata dia, bukan hanya sekedar terlihat bersih dan rapi dengan mengirimkan sampahnya ke TPST Bantargebang, tapi mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah.

Pegelolaan sampah, lanjut Anies, dimulai sejak dari selesai digunakannya suatu barang, lalu muncul residu atau sisa. Sisa tersebut biasa disebut sampah, padahal sisa dari suatu kegiatan merupakan material bagi kegiatan berikutnya.

“Karena kita tidak mengolahnya, maka kita sebut itu sampah,” katanya.

Salah satu ciri masyarakat modern adalah budaya memilah sampah. Pemilahan merupakan tahap penting dalam mengolah residu, sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

Sampah organik yang terpilah dapat diolah menjadi kompos menggunakan lobang biopori ataupun komposter. Sampah Anorganik yang terpilah dapat ditabung melalui bank sampah untuk selanjutnya di-recycle di industri daurulang.

“Di kota-kota maju dunia, sampah bukan saja diurus oleh pemerintah, karena yang menghasikan sampah kita semua,” kata Anies. [ipg]

Loading...
Baca Juga :   Pria Berseragam Transjakarta Lakukan Percobaan Bunuh Diri
Loading...

Ragam

Makin Panas, Mahasiswa Masuk Gedung DPR dengan Merusak dan Panjat Pagar

Published

on

Aksi Mahasiswa Rusak Pagar DPR / Realitarakyat.com
Continue Reading

Ragam

Polisi Siaga, Mahasiswa Bertahan di Gedung Parlemen

Published

on

Foto: Realitarakyat.com
Continue Reading

Ragam

DPR, Dewan Penindas Rakyat!

Published

on

Continue Reading




Loading…