Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Terbitkan Surat Kematian Palsu, Kades Jago Dilaporkan Warganya ke Polisi

Published

on

Mataram, Realitarakyat.com – Penerbitan surat keterangan kematian palsu. Wirawan, Kepala Desa Jago, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), di polisikan warganya.

Hamdan, warga Desa Jago, terpaksa melaporkan tindakan kepala desanya yang di nilai dapat merugikan keluarganya. Upaya hukum ini dilakukan, lantaran kepala desa setempat menerbitkan surat keterangan kematian ayahnya yang bernama Anhar.

“Ayah saya masih hidup, namun dalam surat keterangan palsu tersebut, ayah saya dinyatakan sudah meninggal tahun 2012 lalu,” kata Hamdan, Sabtu (24/8/2019).

Ia menceritakan, berawal dari keinginan Zaitun, mantan istri ayahnya untuk menikah lagi dan membutuhkan surat keterangan cerai sebagai syarat adniniatrasi di Kantor Urusan Agama (KUA) Praya, melalui kepala dusun (Kadus) Batu Mulik setelah bercerai 6 tahun lalu.

Setelah di ketahui adanya surat keterangan palsu tersebut iapun mendatangi KUA guna mencari bukti lainnya. Selain surat kematian palsu, dia menemukan nomor KTP palsu atas nama Zaitun.

“Saya ke KUA untuk mencari bukti-bukti, ternyata nomor KTP mantan istri ayah saya, Zaitun, juga berbeda dengan yang sekarang,” tegasnya.

Diceritakan Hamdan, dalam surat keterangan kematian tersebut nomor 40/49/VI/2019 yang telah ditandatangani oleh Kades Jago pada Bulan Juni 2019 lalu menerangkan bahwa ayahnya telah meninggal dunia pada Tanggal, 25 Mei 2012.

Ia berharap aparat Kepolisian Resort Lombok Tengah untuk segera memproses tindakan kepala desa yang dapat merugikan keluarganya.

Secara terpisah, kepala desa setempat. Wirawan mengaku pelaporan terkait tentang hal ini di lakukan lawan politik saat Pilkades berlangsung tahun lalu. Dan persoalan surat keterangan kematian palsu yang di terbitkan itu tidak pernah di persoalkan oleh yang bersangkutan. “Dasar pembuatan surat itu Kadus setempat telah merekomendasikan,” sebutnya. (LS/ndi)

Baca Juga :   Lomba Kelurahan Terbaik Tanjung Balai
Loading...
Loading...

Daerah

Water Cannon dan Gas Air Mata Bicara, Mahasiswa Berhasil Dipukul Mundur

Published

on

Continue Reading

Daerah

Tolak RUU KPK, Ratusan Mahasiswa Unsam Geruduk DPRK Langsa

Published

on

Ratusan mahasiswa saat menggelar aksi demo di DRPK Langsa, Senin (23/9/2019).
Continue Reading

Daerah

Dialog Deadlock, Mahasiswa Marah, Aksi Saling Lempar pun Tak Bisa Dihindari

Published

on

Anggota DPRD dari PAN, Hasbullah, saat keluar dari DPRD untuk dialog dengan mahasiswa.
Continue Reading




Loading…