Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hukum

Personel Polri Dominasi Capim KPK

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Dalam proses calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), 20 orang telah dinyatakan lolos profile assessment, untuk menjadi komisioner KPK 2019-2023. Mereka akan menjalani proses selanjutnya.

Dari 20 nama yang lolos, empat calon berasal dari anggota Polri. Dari Jaksa, ada tiga orang. Akademisi atau dosen ada tiga orang.

Untuk Polri, ada Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Antam Novambar, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Bambang Sri Herwanto, Kapolda Sumatera Selatan Firli Bahuri dan Wakapolda Kalimantan Barat Sri Handayani.

Diketahui, nama Firli dan Antam Novambar sebelumnya masuk dalam radar Koalisi Kawal Capim KPK yang diduga sempat tersandung dugaan pelanggaran etik dan diduga melakukan intimidasi pada pegawai KPK.

Mantan Deputi Penindakan KPK Irjen Firli diduga melakukan pertemuan dengan salah seorang kepala daerah padahal kepala daerah tersebut sedang diperiksa oleh KPK dalam sebuah kasus.

Hal tersebut melanggar poin Integritas angka 2 Peraturan KPK No 7 Tahun 2013 yang menyebut pelarangan bagi pegawai KPK untuk mengadakan hubungan langsung atau tidak langsung dengan tersangka/terdakwa/terpidana atau pihak lain yang diketahui oleh Penasihat/Pegawai yang bersangkutan perkaranya sedang ditangani oleh KPK, kecuali dalam melaksanakan tugas.

Brigjen Antam Novambar sempat diberitakan diduga melakukan intimidasi terhadap mantan Direktur Penyidikan KPK, Endang Tarsa. Saat itu diduga Antam meminta Direktur Penyidikan KPK bersaksi agar meringankan Budi Gunawan.

Sementara Irjen Dharma Pongrekun, diketahui sempat menandatangani surat pemanggilan untuk Novel Baswedan terkait dugaan penganiyaan berat hingga menyebabkan tewasnya pelaku pencurian sarang burung walet di Bengkulu tahun 2004.

Berikut ini 20 orang yang diumumkan lolos seleksi profile assesment;

Akademisi/dosen: 3 orang
Advokat/konsultan hukum: 1 orang
BUMN: 1 orang
Jaksa: 3 orang
Pensiunan Jaksa: 1 orang
Hakim: 1 orang
Anggota Polri: 4 orang
Auditor: 1 orang
Komisioner/pegawai KPK: 2 orang
PNS: 2 orang
Penasihat menteri: 1 orang

Baca Juga :   Pegawai Restoran di Mal Pluit Ditusuk

[ipg]

Loading...
Loading...

Hukum

Polisi Berhasil Gagalkan Puluhan Ribu Obat Terlarang Siap Edar

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Daerah

Anak Korban Pertanyakan Kelanjutan Kasus Pengeroyokan

Published

on

Jadi korban pengeroyokan, Hj, Nurhidayah Cowanih mengalami lebam dan bagian bawah kelopak matanya berdarah. (Foto: Istimewa)
Continue Reading

Daerah

Bawa Sabu, Pengunjung Lapas Kelas II B Langsa Diamankan

Published

on

Teks Foto :  Kepala Lapas Kelas IIB Langsa Saed Mahdar saat memperlihatkan pelaku bersama barang bukti narkotika jenis sabu. (Foto: Realitarakyat.com/M Syafrizal)
Continue Reading




Loading…