Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

GMNI Protes, Bimtek Kades se-Pandeglang ke Bali Pemborosan Anggaran

Published

on

Pandeglang, Realitarakyat.com – Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Pandegang, Banten, mengkritik kegiatan Bimtek para Kepala Desa (Kades) yang diselenggarakan di Bali. Kegiatan tersebut dianggap pemborosan anggaran.

“Kegiatan Bimtek untuk para kepala desa se Kabupaten Pandeglang yang akan dilaksanakan di Bali itu hanya pemborosan anggaran saja. Apa salahnya Bimtek didaerah sendiri tapi dengan para pemateri yang luar biasa dan profesional dibidangnya,” kata Ketua GMNI Indra A. Patiwara, Kamis (22/8/2019).

Kegiatan beragendakan prioritas penggunaan Dana Desa serta perencanaan bisnis dan manajemen Bumdes di Bali dianggap tidak memiliki subtansi yang jelas.

“Apalagi implemetasinya, karena para kepala desa yang sudah di Bimtek di Jogja saja pada bulan-bulan yang lalu itu belum bisa diraskan mannfatnya bagi masyarakat,” kata dia.

Indra mengkritik kinerja Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) yang tidak memiliki inovasi untuk kemajuan desa di Pandegang, utamanya di bidang peningkatan ekonomi masyarakat dan penggalian sumberdaya yang dimiliki setiap desa. Bahkan lebih penting penggunaan Dana Desa (DD) lebih transparan.

“Kalau ini jadi dilaksanakan, saya pikir pemkab melalui DPMPD hanya bisa jalan-jalan keluar daerah tanpa hasil yang jelas,” kata dia.

“Dan saya heran Kepala DPMPD mengatakan ide Bimtek diluar daerah itu bukan inisiatif DPMPD, padahal DPMPD adalah dinas yang bertanggung jawab untuk segala kegiatan-kegiatan yang dilakukan Desa-Desa se Kabupaten Pandeglang. Dari mulai pemberdayaan sampai dengan peningkatan kapasitas aparatur desa. Untuk APDESI Kabupaten Pandeglang, seharusnya berfikir rasional jangan mau diintervensi oleh Pemkab,” kata dia.

Loading...

Menanggapi hal itu, Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Pandeglang, Ibnu Hajar membenarkan bahwa biaya untuk ikut serta Bimtek itu sebesar Rp 10 juta yang telah dianggarkan di APBDes. Namun ia menerangkan jika kegiatan tersebut tidak bersifat wajib.

Baca Juga :   Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Lakukan Bimtek Bersama MA

Namun Ibnu meminta agar hal itu tidak dibesar-besarkan. Soalnya, ia membandingkan antara kegiatan yang bakal digelar nanti dengan studi banding yang dilakukan oleh para anggota dewan. Menurutnya, kegiatan itu hanya setahun sekali diadakan dan hanya dikenakan biaya Rp10 juta. Berbeda dengan agenda para wakil rakyat.

“Ini yang saya heran Kepala Desa cuma setahun sekali mengadakan study banding dan Bimtek dengan anggaran Rp10 juta setahun pada ribut, sedangkan anggota dewan setahun puluhan kali dengan anggaran ratusan juta pada diam saja,” kata Ibnu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat menerangkan, berdasarkan Peraturan Menteri Desa tentang prioritas anggaran dana desa tahun 2019 daftarnya cukup banyak dan memungkinkan Kades untuk mengikuti Bimtek ke luar daerah.

Menurutnya, dalam urusan ini DPMPD menyerahkan sepenuhnya pada Kades. Karena ia beranggapan bahwa anggaran dana desa sepenuhnya dikelola Kades sehingga DPMPD tidak memiliki kewenangan.

“Kami dari DPMPD enggak mengkoordinir, kami enggak ikutan. Kalaupun saya diminta hanya untuk membuka saja. Kami enggak tahu kenapa di Bali. Ya karena mungkin ada lembaga yang mengajak terus umpamanya Kadesnya mau ya silahkan, kalau Kadesnya tidak mau kami tidak bisa mengajak dan membatasi mereka, karena otonomi nya mereka kaitan dengan belanja,” kata dia. [sae/ipg]

Loading...

Daerah

Turis Finlandia Tewas di Pantai Senggigi

Published

on

Warga Negara Finlandia, Jerryfe Johhanes saat diberikan pertolongan / Ist
Continue Reading

Daerah

Pasca Dilantik, Anggota DPRD Kota Bekasi Tunjukan Semangat Barunya

Published

on

Anggota DPRD Kota Bekasi dari fraksi PDI Perjuangan, Hari Purnomo
Continue Reading

Daerah

Sekap Gadis Aceh Utara, Pria Asal NTB Diringkus Polisi

Published

on

Continue Reading




Loading…