Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

DPD: Penggunaan Dana Desa Perlu Dievaluasi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Lima Tahun pelaksanaan undang-undang Desa Nomor 6 tahun 2014 telah banyak memajukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Keberhasilan ini merupakan prestasi terbaik masyarakat dan pemerintah desa dalam melaksanakan mandat UU Desa, didukung komitmen politik yang kuat dari Pemerintah Pusat.

Salah satu upaya penting yang dilakukan pemerintah untuk mendukung pembangunan desa adalah meluncurkan Dana Desa sejak tahun 2015 sampai tahun 2019.

Anggota Komite I DPD RI dari Daerah Pemilihan Nusa Tenggara, Timur Syafrudin Atasoge mengatakan, sejak UU Desa dijalankan terutama dengan adanya dana desa, pelayanan masyarakat di desa semakin baik. Kendati demikian, ia mengakui masih terdapat banyak kekurangan dalam penerapanya dilapangan.

“Pelaksanaan UU Desa dibawah pun belum sesuai, banyak PP juga kan belum keluar. Tapi dari sisi dampak di lapangan memang luar biasa terutama adanya dana desa itu memberikan pengaruh terhadap peningkatan pelayanan di masyarakat,” kata dia kepada wartawan, di Gedung DPD RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Sementara itu Wakil Ketua Komite I DPD, Jacob Esau Komigi menjelaskan Penggunaan dana desa diharapkan bisa untuk mengembangkan potensi yang terdapat di desa dan secara penggunaanya tepat, sehingga tidak semestinya hanya berkutat kepada pembangunan infrastruktur semata.

“Saya pikir banyak hal yang harus diselesaikan dengan UU Desa ini sepertinya kalau didalam distribusi pembagian di Desa itu hampir 80-90 persen digunakan untuk infrastruktur, pembangunan rumah, sarana jalan,” kata Jacob. [frn/ipg]

Loading...
Baca Juga :   Tuding KPU Curang, Kubu Prabowo Tidak Siap Kalah
Loading...

Politik

Penundaan RKUHP, Masyarakat Jangan Lengah Seperti RUU KPK

Published

on

Pengamat Politik dari Lingkar Madani (Lima), Ray Rangkuti / Net
Continue Reading

Politik

Fadli Zon Dampingi Prabowo Terima Kedatangan Utusan China

Published

on

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto didampingi Wakil Ketum Gerindra Fadli Zon / Twitter Fadli Zon
Continue Reading

Politik

Sandiaga Nggak Bakal Balik ke Posisi Wagub DKI

Published

on

Continue Reading




Loading…