Connect with us

Fokus

Bekasi Sudah Relevan untuk Jadi Provinsi

Published

on

Bekasi, Realitarakyat.com – Bila Bekasi ingin pisah dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan menjadi Provinsi Bekasi ada sejumlah proses panjang yang harus dilalui.

Menurut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, bila Bekasi ingin menjadi provinsi terutama harus disetujui bersama mulai dari bupati, wali kota, gubernur terkait, hingga DPRD setempat.

“Jika disetujui, baru semua syarat diajukan kepada pemerintah pusat melalui Kemendagri, DPR RI, dan DPD RI,” kata Jerry kepada Realitarakyat.com.

Bila disetujui, kata dia, kemudian disodorkan ke DPR RI dan DPD RI. Mereka kemudian membentuk tim independen untuk mengkaji apakah daerah yang mengajukan layak digabungkan atau dimekarkan.

Dia melihat sejauh ini, Bekasi sudah relevan jika ingin menjadi provinsi. Terlebih infrastruktur di Bekasi sudah memadai. “Sudah layak lah, jauh ketimbang Bogor. Dari segi anggaran saja sudah jauh,” kata dia.

Bekasi lanjut dia, sudah bisa mengusulkan jika ingin menjadi provinsi. Karena sudah memenuhi standar sebagai wilayah yang ingin melakukan pemekaran.

Meski begitu, dia melihat proses ini panjanh. Karena jika daerah yang mengajukan dinilai layak oleh tim independen bentukan DPR dan DPD dimekarkan, maka langkah selanjutnya adalah pembentukan daerah persiapan.

Langkah itu harus dilalui, sebelum akhirnya menjadi daerah otonom baru. “Jadi tidak tiba-tiba ada daerah otonom baru, jadi panjang prosesnya,” kata dia. [ipg]

Laporan Khusus: Wisnu Yusep

Loading...
Loading...

Fokus

Merasa Di Pojokkan Erick Tohir, SBY Curhat di Medsos

Published

on

Continue Reading

Fokus

Dua Kapal Coast Guard dan Logistik China dalam Kondisi Siaga

Published

on

Kapal Coast Guard China di Perairan Natuna. (Foto: Ist)
Continue Reading

Fokus

Perlu Kerjasama untuk Selesaikan Persoalan Natuna

Published

on

Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya Ahmad Taufiqoerrochman. (Foto: Ist)
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending