Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Politik

“Pemindahan Ibukota Proyek Politik Kelompok Elit”

Published

on

Pengamat Politik dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), Alvitus Minggu / Ist

Jakarta, Realitarakyat.com – Wacana pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia ke Pulau Kalimantan masih menjadi pro dan kontra.

Pengamat Politik dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), Alvitus Minggu mengkritisi kebijakan Presiden Joko Widodo tersebut. Menurut Alvitus, pemindahan ibukota bukan hal yang mendesak.

“Ini sebenarnya tidak mendesak, tetapi tak lebih dari bentuk realisasi komitmen politiknya. Meski pun harus mengabaikan kepentingan umum yang lebih luas,” kata Alvitus kepada Realitarakyat.com, Rabu (21/8/2019).

Alvitus menegaskan, pemindahan ibukota bagian dari proyek politik kelompok-kelompok elit yang dinahkodai oleh kelas kapital. Sebab, janji politik tak lebih dari politik balas budi.

Apalagi, wacana pemindahan ibukota bukan pertama kali dilakukan. Wacana pemindahan ini sebenarnya sudah lama. Bahkan, presiden pertama Indonesia Sukarno juga sempat berencana memindahkan ibukota negara ke Palangkaraya.

Dalam sejarahnya, kata Alvitus, Indonesia pernah berganti-ganti ibukota selama revolusi dari Jakarta ke Yogyakarta (1946), kemudian Bukittinggi (1948), hingga akhirnya kembali ke Jakarta (1949).

“Secara ekonomi politik, sebenarnya mau memberi ruang kepada kelas Kapital untuk ambil bagian dalam persiapan pemindahan. Jadi ini tak sekedar proyek politik. Apalagi wacananya, mau menjual aset negara untuk pembangunan tersebut. Bagi saya itu tak urgen sama sekali, selain pemenuhan syarat pemaknaan ekonomi politik,” kata dia. [hol/ipg]

Loading...
Baca Juga :   Ini Penyebab Gempa Bali yang Merusak Sekolah, Rumah Warga Hingga Hotel
Loading...

Politik

Fadli Zon Dampingi Prabowo Terima Kedatangan Utusan China

Published

on

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto didampingi Wakil Ketum Gerindra Fadli Zon / Twitter Fadli Zon
Continue Reading

Politik

Sandiaga Nggak Bakal Balik ke Posisi Wagub DKI

Published

on

Continue Reading

Politik

Semua Kandidat Miliki Potensi Berimbang di Pilkada

Published

on

Pengamat Politik Universitas Undana Kupang Rudi Rohi. (Foto: Istimewa)
Continue Reading




Loading…