Connect with us

Nasional

Jokowi Disarankan Kirim Utusan Khusus ke Papua

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Anjuran untuk semua pihak bersabar dan saling memaafkan, serta seremoni pertemuan elit daerah, bisa saja mendingikan dan membangun kondusifitas sementara di Papua. Namun, itu tidak akan berlangsung lama.

Demikian pendapat Peneliti Hak Asasi Manusia dan Sektor Keamanan Setara Institute, Ikhsan Yosarie dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).

Menurutnya, sepanjang persoalan mendasar Papua tidak di atasi, seperti ketidakadilan politik, ekonomi, sosial, dan klaritas (kejernihan) sejarah integrasi Papua yang masih dipersoalkan sebagian warga Papua, maka potensi kekerasan, pelanggaran HAM, dan ketidakadilan akan terus dialami warga Papua.

“Oleh karena itu, Setara Institute, mendorong Presiden Jokowi untuk meretas politik rekognisi kemanusiaan dan politik bagi warga Papua sebagai basis penanganan Papua secara holistik,” kata Ikhsan.

Langkah ini, kata dia, dapat dimulai dengan membentuk dan mengirim Utusan Khusus Presiden (special envoy) ke Papua dalam rangka membangun komunikasi konstruktif, membangun sikap saling percaya dan memahami (mutual understanding) sebagai basis dialog antara Jakarta dengan Papua.

“Jalan dialog akan mengurangi konflik bersenjata antara Organisasi Papua Merdeka (OPM) sekaligus meletakkan warga Papua sebagai subyek utama pengutamaan keadilan pembangunan berkelanjutan,” kata dia. [zal/ipg]

Loading...
Loading...

Nasional

Soal HAM dan Intoleransi, Hendardi: Jokowi Harus Jawab Harapan Publik

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Hasil Survei Indo Barometer Warga Setuju Pemindahan Ibu Kota Ke Penajam

Published

on

Continue Reading

Nasional

Said Iqbal : UU Omnibus Law Menghilangkan Pasangon Para Pekerja

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending