Connect with us

TNI -POLRI

Kapolri Didesak Copot Kapolda Jatim

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat, Senin kemarin. Akibat kerusuhan, sejumlah jalanan ditutup warga Papua. Pertokoan dan bank pemerintah juga tak beroperasi. Bahkan, para demonstran membakar Gedung DPRD Papua Barat.

Kerusuhan yang terjadi di Manokwari disebut sebagai buntut dari dugaan persekusi mahasiswa Papua di berbagai daerah, seperti di Surabaya, Malang, dan Semarang.

Terkait hal ini, Praktisi Hukum, Ardy Mbalembout mendesak Kapolri, Jenderal Tito Karnavian mengevaluasi kinerja Kapolda Jawa Timur, Irjen Luki Hermawan. Sebab, kata Ardy, kasus yang terjadi di wilayah hukumnya merupakan tanggungjawabnya.

“Jadi kalau dia punya moral itu, dia mundur. Itu kan jabatannya. Jabatan Kapolda itu kan jabatan mengayomi. Dia sebagai komandannya, dia panglimanya. Panglima tertinggi,” kata Ardy kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Wakil Ketua Umum Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI) ini menegaskan, setiap Polda mempunya inteligen. Seyogyanya kata Ardy, sudah sejak mengetahui adanya gerakan dan perlawanan massa.

“Dia punya intel. Dia punya satuan Sabara, harusnya informasi-informasi itukan sudah tahu dari awal. Ada gerakan masa, ada perlawanan segala macam itu. Jadi saya pikir Kapolda Jawa Timur harus bertanggungjawab terhadap masalah ini,” katanya.

Akibat kelalaian itu kata Ardy, membuat situasi Papua mencekam. Apalagi kata Ardy, isu Papua sangat seski untuk diolah menjadi isu politis. Sehingga kasus Papua mencekam ini bisa dimanfaatkan oleh dunia luar untuk kepentingan separatis.

“Dan kita tahu isu Papua ini kan sangat seksi. Bisa dimanfaatkan oleh dunia luar untuk mengancam disintegrasi bangsa. Dampak lebih luasnya itu. Kalau Kapolri tak menindak Kapoldanya, Kapolri juga dicopot karena ini masalah nasional.” [hol/ipg]

Loading...
Loading...

TNI -POLRI

11 Pucuk Senjata Milik TNI Ditemukan di Lokasi Jatuhnya Helikopter

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Pangdam Cendrawasi : Hasil Penelitian Helikopter Murni Karena Kecelakaan

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

12 Jenazah Penumpang Helikopter Mi 17 Berhasil Di Evakuasi

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending