Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Memanas, Bekasi Semprit Bogor soal Limbah Cemari Kali

Published

on

Bekasi, Realitarakyat.com – Hubungan antara Kota Bogor dan Kota Bekasi tampaknya sedang tidak harmonis, mungkin sedikit memanas.

Hal tersebut berawal ketika Bogor mengajak Bekasi bergabung ke Bogor Raya. Ajakan Bogor ke Bekasi pun dimentahkan, lantaran Bekasi memiliki usulan nama agar bukan Bogor Raya, tetapi Pakuan Bhagasasi.

Perbedaan pandangan itu pun melauas. Kali ini, keduanya berseteru masalah pencemaran kali. Buntut dari pencemaran kali di Bekasi dari kali Bogor, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kembali geram. Sebab industri-industri membuang air limbah tanpa peduli kesehatan lingkungan.

Kali Bekasi merupakan perpanjangan aliran Kali Cileungsi di Kabupaten Bogor dan turut terdampak pencemaran tersebut. Untuk itu, baik Bekasi dan Bogor harus duduk bersama dalam penyelesaian masalah ini.

“Nah ini lah harusnya penting Pak Gubernur manggil Bekasi dan Bogor untuk membahas apa yang harus dilakukan,” kata Pepen usai apel pagi di kompleks Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Senin (19/8/2019).

Menurutnya, permasalahan yang terjadi di Bekasi merupakan imbas dar hulu, yakni Bogor. “Di hulunya kami enggak punya kewenangan. Kecuali, kita diasistensikan oleh Pak Gubernur,” kata dia.

Dia mengklaim sudah melakukan upaya penghentian pencemaran kali di Bekasi. Terlebih sudah ada penindakan atas permasalahan itu.

Diketahui, pabrik-pabrik nakal banyak berdiri di bantaran Kali Cileungsi di Kabupaten Bogor. Jumlahnya lebih dari 50 pabrik, menurut data yang disampaikan oleh Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas pada 14 Agustus 2019 lalu.

“Kalau di Kali Bekasi kita tunjukkan, sudah kita tutup satu perusahaannya. Ada beberapa (pabrik nakal di Kali Bekasi), tapi tidak signifikan, yang signifikan kan dari sana (Kabupaten Bogor), yang hitam itu kan di perbatasan ke atas,” ujar dia. [yus/ipg]

Baca Juga :   Masyarakat Batangtoru Minta Ganti Rugi Tanah Pembangunan PLTA Diselesaikan Sesuai Janji
Loading...
Loading...

Daerah

Polda NTB Didesak Tetapkan Tersangka Korupsi Bibit Bawang Merah

Published

on

Kompak gelar unjuk rasa tuntaskan korupsi bawang merah tahun 2016. (Foto: Realitarakyat/Lalu Sibawe)
Continue Reading

Daerah

Water Cannon dan Gas Air Mata Bicara, Mahasiswa Berhasil Dipukul Mundur

Published

on

Continue Reading

Daerah

Tolak RUU KPK, Ratusan Mahasiswa Unsam Geruduk DPRK Langsa

Published

on

Ratusan mahasiswa saat menggelar aksi demo di DRPK Langsa, Senin (23/9/2019).
Continue Reading




Loading…