Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Hutan Malaka KLU Ludes Terbakar, Polda NTB: Penyebabnya Belum Diketahui

Published

on

Mataram, Realitarakyat.com – Kawasan hutan Gunung Malaka, Kabupaten Lombok Utara, seluas 25 Hektare, ludes terbakar. Peristiwa ini terjadi Minggu malam (18/08/2019).

Kobaran api pertama kali muncul, sekitar pukul 15.00 Wita, berawal adanya asap mengepul dari kawasan hutan. Selang beberapa waktu, kobaran api membesar seiring kerasnya angin laut yang meniup sekitar kawasan tersebut. “Pertama saya hanya liat asap, lama kelamaan muncul api yang membumbung tinggi,” kata Muhsin, warga sekitar.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB, Kombes (Pol) Purnama mengatakan, sekitar Pukul 17.00 Wita, api tiba-tiba muncul kembali di titik berbeda yang berlokasi tidak terlalu jauh dari titik lokasi api pertama dan merambat hingga ke Dusun Pandanan. Namun upaya Satgas Karhutla NTB, berhasil memadamkan api sekitar pukul 01.00 Wita.

Purnama menegaskan, belum di ketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran hutan yang diperkirakan seluas 25 hektare ini. Upaya pemadaman api dengan menggunakan puluhan alat pemadam kebakaran dari Pemprop NTB, KLU, Mataram dan Polda NTB, diterjunkan ke lokasi.

Aksi pemadaman ini dipimpin langsung Kapolres Lombok Utara, AKBP Herman Suriyono beserta PJU Polres Lombok Utara. “Hingga saat ini kami masih belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya kebakaran, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.00 Wita,” katanya.

Purnama menjelaskan, sejumlah pejabat turun melihat langsung kejadian, di antaranya Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansyah, Kapolda NTB, Irjenpol Drs. Nana Sudjana, dan Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana menyampaikan bahwa pihaknya tetap mengintensifkan langkah-langkah pencegahan dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas kepada masyarakat serta melakukan patroli bersama untuk mendeteksi titik-titik yang terbakar.

“Satuan tugas dari Karhutla masih siaga di TKP, untuk antisipasi adanya kepulan asap susulan yang memicu terjadinya kebakaran.” tegasnya. (LS/ndi)

Baca Juga :   Bupati Gowa Berharap APDESI Bisa Kelola Siskeudes
Loading...
Loading...

Daerah

Water Cannon dan Gas Air Mata Bicara, Mahasiswa Berhasil Dipukul Mundur

Published

on

Continue Reading

Daerah

Tolak RUU KPK, Ratusan Mahasiswa Unsam Geruduk DPRK Langsa

Published

on

Ratusan mahasiswa saat menggelar aksi demo di DRPK Langsa, Senin (23/9/2019).
Continue Reading

Daerah

Dialog Deadlock, Mahasiswa Marah, Aksi Saling Lempar pun Tak Bisa Dihindari

Published

on

Anggota DPRD dari PAN, Hasbullah, saat keluar dari DPRD untuk dialog dengan mahasiswa.
Continue Reading




Loading…