Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Wapres JK Hadiri Peringatan Hari Konstitusi di MPR

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), menggelar peringatan Hari Konstitusi, di Nusantara IV, Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Dalam kegiatan, terpantau Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla hadir bersama dengan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dan sejumlah pimpinan MPR lain.

Ketua MPR dalam sambutannya mengatakan, konstitusi akan terus berkembang sesuai dengan tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pemahaman konstitusi yang ada harus sesuai dengan perubahan tersebut.

“Konstitusi adalah hukum yang mengatur negara, bukan hukum mengenai bagaimana negara mengatur. Negara perlu dibatasi kekuasaannya agar penyelenggaraannya tidak sewenang-wenang,” kata Zulkifli.

Hari Konstitusi ditetapkan setiap 18 Agustus sabagai peringatan terhadap lahirnya konstitusi Indonesia, UUD 1945, yang ditetapkan dalam rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Peringatannya ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 18 Tahun 2008.

Pada peringatan tahun ini, MPR juga menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Evaluasi Pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945. [ipg]

Loading...
Baca Juga :   Neng Eem FPKB Minta Utamakan Keselamatan Pekerja Trans Papua
Loading...

Nasional

Puluhan Mahasiswa Berhasil Masuk ke Halaman Kompleks Parlemen

Published

on

Sekitar sepuluh orang mahasiswa yang tembus pagar DPR RI, minta rekannya yang ditahan dalam unjuk rasa dibebaskan. (Foto: Realitarakyat.com/Bisma Rizal)
Continue Reading

Nasional

Inkonstitusional Bila DPR Tetap Sahkan RKUHP

Published

on

Continue Reading

Nasional

Mahasiswa Coba Robohkan dan Panjat Pagar DPR

Published

on

Continue Reading




Loading…