Connect with us

Politik

Ketua MPR: Sisa Polarisasi di Pemilu 2019 Pelajaran Penting Demokrasi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Polarisasi yang terjadi di masyarakat setelah Pemilu 2019 harus menjadi pelajaran bagi seluruh pihak, termasuk penyelenggara.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Zulkifli Hasan, saat peringatan Hari Konstitusi di Gedung Nusantara IV Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (18/82019).

Perlunya evaluasi diri, kata dia, lantaran masih ada masalah yang tersisa usai pesta demokrasi itu.

“Salah satunya adalah polarisasi di dalam masyarakat yang sangat mengkhawatirkan, bahkan cenderung terjadi perpecahan,” kata Zulkifli.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menyadari, MPR sebagai lembaga yang berwenang mengubah UUD 1945 telah membuat perubahan positif. Namun, Namun, diakuinya, merupakam pekerjaan yang tidak mudah.

“Mulai dirasakan masih ada ruang-ruang kosong dalam konstitusi, mengingat penyelenggaraan kehidupan ketatanegaraan berjalan beriringan dengan dinamika perkembangan masyarakat.”

Menurut dia, keberhasilan reformasi konstitusi tidak langsung terlihat. Ketua Umum DPP PAN itu pun menilai masih ada kekurangan dalam penerapan reformasi konstitusi itu.

“Banyaknya berita bohong, ujaran kebencian, saling hujat sesama anak bangsa, saling fitnah, persekusi di media sosial adalah contoh-contoh yang tidak sesuai dengan makna yang terkandung dalam konstitusi,” kata Ketum PAN itu. [zal/ipg]

Loading...
Loading...

Politik

Jelang Kongres Partai Demokrat, Nama AHY Digadang – gadang Sebagai Kandidat Paling Potensial

Published

on

Continue Reading

Politik

Bentuk Panja Pengelolaan Keuangan Haji, Bukti DPR Serius Mengawasi

Published

on

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Moekhlas Sidik.
Continue Reading

Lingkungan Hidup

Di RUU Omnibus Law, Pemerintah Tetap Tindak Tegas Perusak Lingkungan

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending