Connect with us

Daerah

Salut, Kejati NTT Buka Layanan Hukum Gratis untuk Warga

Published

on

Koordinator Kejati NTT, Robert Jimmy Lambila / Realitarakyat.com

Kupang, Realitarakyat.com – Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, melalui bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) membuka layanan penyuluhan hukum secara gratis kepada warga NTT dan Pemerintah Provinsi NTT.

Bukan hanya itu, Kejati NTT juga akan bertindak sebagai pengacara Negara tanpa biaya operasional sepeserpun dalam urusan pemerintah provinsi, Kabupaten dan Kota dalam penuntasan urusan secara perdata.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Koordinator Kejati NTT, Robert Jimmy Lambila dalam acara Coffee Morning bersama dengan Pemerintah Provinsi NTT, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), di markas Kejati NTT, Kamis (15/8/2019).

Ditegaskan Lambila, bidang Datun telah ada sejak dahulu kala. Namun, sejauh ini banyak BUMD di NTT dan Pemerintah yang belum mengenalnya. Untuk itu, pihaknya menggelar coffee morning bersama dengan Pemprov NTT dan BUMD, guna memberikan penjelasan fungsi dan peran bidang Datun.

Lambila menjelaskan, bidang Datun merupakan instrument jaksa dalam membantu pemerintah dalam penyelesaian masalah perdata. “Datun merupakan patnernya pemerintah dan BUMD yang sangat baik, sehingga kami dari bidang perdata dan tata usaha Negara memberikan penyuluhan agar diketahui tugas dan fungsi Datun,” kata Lambila.

Bidang Datun, lanjutnya, juga dalam memecahkan masalah perdata pada pemerintah berdasarkan norma-norma ataupun undang-undang yang berlaku. Bidang datun, memiliki beberapa kewenangan seperti bidang Datun dapat memblokir salah satu BUMD atau perusahaan yang dinilai nakal dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Selain itu, jaksa pada bidang Datun bias menjadi pengacara Negara. Di mana dapat mewakili pemerintah dalam menghadapi gugatan secara perdata bahkan jaksa juga bisa menjadi mediator dalam penyelesaian pemerintah.

Dalam kesempatan itu juga, Lambila berharap dengan adanya penyuluhan hukum jaksa bidang Datun Kejati NTT pada Pemprov dan BUMD dapat memberikan pencerahan serta dapat dipahami tentang peran dan fungsi jaksa Datun.

“Kami berikan penyuluhan gratis dan pendampingan secara gratis bagi BUMD, pemerintah dan warga yang mau berkonsultasi tentang hukum bidang perdata,” kata jaksa yang pernah mendapatkan gelar jaksa terbaik se-Indonesia ini. [rey/ipg]

Loading...
Loading...

Daerah

Pantai Pasir Putih Wates Rembang, Kondisinya Memprihatinkan

Published

on

Kondisi Pantai Pasir Putih Wates di Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Rembang, yang makin memprihatinkan. (Foto: realitarakyat.com/Pantja Putra Agung)
Continue Reading

Daerah

Habiskan Miliaran Rupiah, Pembangunan Drainase Tanpa Arah?

Published

on

Kegiatan pembangunan saluran draenase di Jalan Mesjid Kelurahan Indra Sakti, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai. (Foto: realitarakyat.com/Ignatius S)
Continue Reading

Daerah

Ada Pembangunan Putaran Layang di Lenteng Agung, Rekayasa Lalin Diberlakukan

Published

on

Continue Reading




Loading…