Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

KLHK Segel 10 Lahan Konsesi yang Terbakar di Kalbar

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Penyegelan dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terhadap 10 lokasi kebakaran lahan di areal konsesi perusahaan di Kalimantan Barat. Itu dilakukan, untuk proses penyelidikan.

Informasi tersebut sebagaimana disampaikan Komandan Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Bekantan Kalimantan Barat Hari Novianto dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (15/8/2019).

Menurut Hari, penyegelan yang dilakukan petugas Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK terdapat di tiga lokasi kebakaran lahan dengan luas total 200 hektare, yang berada di area konsesi PT MSL di Kabupaten Mempawah, serta area konsesi PT TAS dan PT SPAS di Kabupaten Ketapang.

Dirincikan Hari, kebakaran mencakup 40 hektare lahan di area konsesi Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Pada Hutan Tanaman Industri (IUPHHK-HTI) milik PT MSL di Kabupaten Mempawah; 100 hektare lahan di lokasi konsesi PT TAS di Kecamatan Tanjung Baik Budi, Kabupaten Ketapang; dan 60 hektare lahan di area konsesi PT SPAS di Kecamatan Sungai Putri, Kabupaten Ketapang.

Hari mengatakan bahwa kebakaran lahan itu sudah terjadi sejak sepekan lalu dan masih berlangsung sampai hari ini.

Sepekan sebelum penyegelan lahan di area konsesi milik PT MSL, PT TAS, dan PT SPAS, petugas juga menyegel lahan yang terbakar di area konsesi milik tujuh perusahaan perkebunan dan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kalimantan Barat.

“Kami sudah memanggil wakil tujuh perusahaan yang lahannya sudah disegel sebelumnya untuk meminta klarifikasi terkait adanya kebakaran di areal perusahaan-perusahaan itu,” kata Hari.

Menurut informasi, titik panas dari satelit dengan tingkat kepercayaan 30 hingga lebih kecil sama dengan 79 persen, selama kurun itu di Provinsi Kalbar ada 54 titik panas di Kabupaten Bengkayang, Kapuas Hulu, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Pontianak, Sambas, Sanggau, Sintang.

Baca Juga :   Rapat Paripurna Hari Jadi Pemkab Labusel ke10.

Perusahaan dan warga diminta mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran di lahan milik, serta melakukan upaya untuk mencegah kejadian kebakaran lahan. [ipg]

Advertisement
Loading...
Loading…