Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ragam

Hujan Lebat Guyur Pawai Allegoris di Kota Tanjungbalai

Published

on

Tanjungbalai, Realitarakyat.com – Hujan lebat mengguyur Kota Tanjungbalai saat pawai allegoris, yang digelar oleh Pemko Tanjungbalai, Kamis pagi (15/8/2019).

Derasnya hujan tidak menyurutkan semangat dari peserta. Selain itu, warga masyarakat juga rela basah kuyup turun ke pinggir jalan hanya untuk menyaksikan pawai yang dilakukan dalam rangka HUT ke-74 RI.

Pawai allegoris ini juga diikuti oleh berbagai kalangan seperti, unsur OPD, kelurahan, kecamatan se-Kota Tanjungbalai, pelajar, Paskibraka, perusahaan BUMN, BUMD dan perusahaan swasta.

Dengan menampilkan bermacam-macam kesenian dan hasil bumi atau hasil pertanian, pawai allegoris ini terlihat meriah. Terlebih lagi, karena penampilan dari peserta yang mengikuti pawai alegoris ini mampu membuat decak kagum dari penonton yang menyaksikannya.

Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial berharap kiranya pawai allegoris yang dilaksanakan dalam rangka parayaan HUT Kemerdekaan RI ini, dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, serta membentuk pribadi bangsa Indonesia yang berkarakter serta memiliki identitas di mata negara lain.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Tanjungbalai, Ismail saat akan melepas pawai allegoris dari depan Rumah Dinas Walikota di Jalan Jendral Sudirman, Kota Tanjungbalai, hari ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh unsur Forkopimda Kota Tanjungbalai, para pimpinan OPD, Kepala Sekolah serta undangan dan tokoh masyarakat kota itu. Kegiatan pawai allegoris yang dilaksanakan Pemko Tanjungbalai melalui Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai ini ternyata dapat bertalan sukses dan penuh semangat walaupun para peserta harus rela berbasah – basah akibat hujan lebat yang turun mengguyur bumi Kota Tanjungbalai pada pagi hari itu.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah. Oleh sebab itu, setiap perayan atau kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI harus menjadi motivasi kepada setiap warga negara untuk membangun bangsa dan tanah air ini untuk menjadi negara yang maju dan sukses,” ujar Wakil Walikota Tanjungbalai, Ismail.

Baca Juga :   Miris, Elang Bondol "Maskot Pemprov DKI" Kini Tersisa 18 Ekor

Hal senada juga diungkapkan Buchori Ginting, Ketua Panitia Lomba Allegoris Kota Tanjungbalai. Katanya, ada tiga aspek penilaian terhadap pertunjukan allegoris yaitu kesesuaian kostum dan properti, akting dan penghayatan, serta kesesuaian materi dan thema yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan.

“Seluruh pemenang lomba allegoris akan mendapat trophy, sertifikat dan uang pembinaan,” kata Buchori Ginting saat menyampaikan laporan panitia.

Lomba pawai allegoris tersebut, diikuti oleh regu dari 26 sekolah terdiri dari SMP/MTs sebanyak 18 sekolah dan SMA/SMK/MA sebanyak 8 sekolah. Sedangkan rute perjalanan pawai allegoris adalah mulai dari Depan Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai (Jalan Sudirman) – Bundaran SMP Negeri 1 – Jalan Sutomo – Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah – terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) di jalan Pahlaan Kota Tanjungbalai. [ign/ipg]

Advertisement
Loading...
Loading…