Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ragam

Polri Tangkap Pedagang Lobster Ilegal Beromset Miliaran

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Jajaran Bareskrim Polri berhasil meringkus 10 orang yang diduga melakukan jual beli benih lobster ilegal, senilai Rp 8,5 miliar.

Kabar keberhasilan Polri itu sebagaimana disampaikan Kasubdit IV Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, AKBP Parlindungan Silitonga, di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Bahkan, disampaikan AKBP Parlindungan Silitonga, dalam penangkapan pihaknya juga berhasil mengamankan 57.208 ekor.

“Nilai yang berhasil diselamatkan oleh Polri terkait kasus ini adalah Rp 8,5 miliar,” kata AKBP Parlindungan Silitonga.

Kasus ini terungkap dari laporan masyarakat atas adanya aktivitas di gudang benih lobster di daerah Lampung.

Polisi bersama dengan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Provinsi Lampung menggerebek gudang tersebut, 7 Agustus 2019. Ternyata ditemukan bibit lobster yang ditempatkan di dalam kotak-kotak.

“Selain itu, ditemukan juga alat packing di sebuah gudang di wilayah Lampung,” kata dia.

Di gudang tersebut, polisi mengamankan YB (49), M (50), F (35), dan S (41). Setelah itu, terlihat sebuah mobil mendekati gudang tersebut. Polisi pun menggerebek mobil itu dan menangkap J (34), JA (25), II (22), TP (18), dan T (21).

Kemudian, tim menangkap HG (45) di gudang lainnya yang berlokasi tak jauh dari lokasi sebelumnya. Bibit lobster tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 100.000-Rp 150.000. Para tersangka menjual bibit lobster ke Singapura dan Malaysia.

Para tersangka disangkakan Pasal 88 jo Pasal 16 Ayat (1) Undang Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. Ancaman hukuman bagi para tersangka yaitu penjara maksimal 6 tahun dengan denda paling banyak Rp 1,5 miliar. [riz/ipg]

Baca Juga :   Heboh, Seorang Mahasiswa UNPAD Gantung Diri Di Kosnya
Advertisement
Loading...
Loading…