Connect with us

Daerah

Cegah PMI Purna Kembali ke Luar Negeri, Disnaker Buat Satu Inovasi

Published

on

Kabupaten Malang, Realitarakyat.com – Kembalinya Pekerja Migran Indonesia (PMI) ditempat asal masing-masing, jadi persoalan serius bagi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang.

Sebab, mereka yang telah berusia lanjut terkadang masih memaksakan diri dan tetap bersikukuh untuk kembali bekerja ke luar negeri, walau sudah tidak lagi terikat perjanjian kerja dengan pihak penyedia tenaga kerja luar negeri.

Hal ini disebabkan karena para PMI purna tidak memiliki mata pencaharian di tempat asalnya masing-masing.

Guna menyikapi persoalan ini, Disnaker Kabupaten Malang akan membuat terobosan baru melalui satu Inovasi, dengan cara menguatkan kembali pemberdayaan bagi para PMI purna untuk berwirausaha didomisilinya masing-masing.

Sehingga, para PMI nantinya tidak lagi bekerja di luar negeri, karena mereka sudah memiliki pekerjaan di domisilinya masing-masing.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Malang Yoyok Wardoyo, Rabu (14/8/2019) mangatakan, program baru untuk para PMI purna ini, bukan untuk personal saja, tapi mereka harus membentuk suatu kelompok usaha.

Mekanismenya kata Yoyok, disetiap kecamatan harus dibentuk kelompok usaha, yang nantinya kelompok ini akan menjadi embrio organisasi atau yayasan berbadan hukum.

Sehingga, para PMI purna akan benar-benar memiliki kepastian dalam berusaha, ujarnya.

Lanjut Yoyok, secara teknis dalam satu kelompok usaha nanti terdiri dari 50 orang dan mempunyai 1 orang leader berasal dari PMI purna yang sudah mandiri atau memiliki usaha.

“Kami yakin, Inovasi pemberdayaan ini nanti, akan mampu menjadi terobosan baru untuk mensejahterakan perekonomian PMI purna dan bisa membuat mereka untuk tidak memaksakan diri kembali ke luar negeri.” [al/ipg]

Loading...
Loading...

Daerah

Pemkab Karanganyar Buka Lowongan 244 CPNS

Published

on

Continue Reading

Daerah

Gempa 5,1 M Guncang Wilayah Sumba Barat Daya

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Daerah

Terjadi Ledakan Pipa Minyak di Proyek Kereta Cepat

Published

on

Ledakan Pipa Minya di Dekat Lokasi Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung / Net
Continue Reading




Loading…