Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daerah

Walhi Sumut Laporkan Lambannya Proses Penyidikan Amdal Palsu PLTU Batang Toru

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) melaporkan jajaran penyidik Polda Sumatera Utara (Sumut) ke Propam Mabes Polri, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Koordinator tim advokasi Walhi Sumut, Golfrid Siregar menyatakan, mereka merasa dirugikan atas lambannya penyidikan pemalsuan tandatangan rekomendasi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan PLTU Batang Toru, Tapanuli Selatan, dengan kapasitas 510 Mega Watt (MW).

“Hari ini kami datangin Irwasum Mabes Polri atas perkara pemalsuan tandatangan yang sudah kami laporkan di Polda Sumut. Tetapi dalam pemeriksaannya Polda terkesan kurang serius,” ujar Golfrid.

Salah satu bentuk ketidakseriusan dari Polda Sumut, kata Golfrid, adanya beban pembuktian kepada pihaknya untuk menghadirkan surat rekomendasi Amdal yang asli.

“Bagaimana mungkin kami hadirkan, sedangkan saksi ahli yang kami hadirkan pada saat gugatan (atas PLTU Batang Toru) mengaku tanda tangannya dipalsukan. Karenanya kami melaporkan ke Polda Sumut,” jelasnya.

Meski sudah dijelaskan sedemikian rupa, kata Golfrid, pihak penyidik Polda Sumut menyebutkan akan menghentikan kasus pemalsuan tersebut. “Makanya kami datang ke Mabes Polri untuk meminta kepastian hukum dalam kasus ini,” jelasnya. (Riz)

Baca Juga :   Bupati Pandeglang Rombak Puluhan Pejabat
Advertisement
Loading...
Loading…