Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ekonomi

Antisipasi Perkembangan KEK Mandalika, Warga Putus Sekolah Dilatih Perhotelan

Published

on

Mataram, Realitarakyat.com – Puluhan warga Desa Pengengat, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, mendapat pendidikan dan latihan (diklat) Kepariwisataan secara cuma-cuma. Diklat setara Diploma I tersebut, berjalan setiap hari, di aula kantor desa setempat.

Salah seorang inisiator Diklat Rata Wijaya mengaku, langkah dan upaya yang di lakukan hanya untuk memberikan bekal ilmu Perhotelan kepada warga yang hingga saat ini belum mendapatkan kesempatan kerja. “Kita seleksi dari beberapa warga yang tidak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi,” katanya.

Rata mengakui, perkembangan perhotelan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang semakin hari kian meningkat ini, akan banyak membutuhkan tenaga dalam bidang perhotelan. Sehingga pihaknya memulai program diklat perhotelan untuk menyiapkan tenaga yang terampil siap pakai.

Menyinggung masalah anggaran pembelajaran, Rata mengatakan mendapat bantuan anggaran dari desa, yang di gunakan untuk operasional dan transportasi tutor diklat. “Honor tenaga pengajar di bantu oleh pemerintah desa,” tegasnya.

Sementara itu Camat Pujut Lalu Sungkul, mengaku bangga dengan ide dan gagasan warga Desa Pengengat, yang sudah mempersiapkan skill sejak dini dalam bidang perhotelan. Hal ini patut untuk di berikan apresiasi oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Hotel-hotel yang dibangun di KEK Mandalika, pasti membutuhkan tenaga nanti jika sudah beroperasi,” tegasnya. (LS)

Baca Juga :   Kelvin WNA Malaysia Korban Penusukan Pengusaha Batam Melarikan Diri
Advertisement
Loading...
Loading…