Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ekonomi

Nama Kota Calon Ibukota Sudah Ditangan Presiden

Published

on

Jakarta, RealitaRakyat.com – Meski belum jelas daerah mana yang menjadi lokasi pasti ibu kota pengganti Jakarta, namun ada 3 kota yang menjadi calon ibu kota yang sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang PS Brodjonegoro, ketiga calon ibu kota tersebut seluruhnya berada di Kalimantan.

“Tadi kami menyampaikan analisa dari masing-masing kandidat dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, maupun Kalimantan Timur,” kata Bambang di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Bambang mengaku, pihaknya telah menyampaikan kelemahan dan kelebihan masing-masing daerah untuk menjadi ibu kota. Analisis itu merupakan hasil kajian tim pemerintah yang dipimpin Bappenas bersama lembaga terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian ATR, serta Kementerian PUPR.

“Dari hasil rapat tadi intinya Bapak Presiden akan segera membuat pengumuman mengenai lokasi definitifnya atau lokasi pastinya. Tapi yang pasti satu di antara tiga tersebut,” tutur dia.

Untuk biaya pemindahan ibu kota, Menteri Bambang menjelaskan, pemerintah telah sepakat akan dibiayai dari tiga sumber yaitu APBN, KPBU, dan BUMN.

Khusus APBN, tambah Bambang, pemerintah berupaya tidak menggunakan pajak, melainkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) lewat pengelolaan aset milik pemerintah.

Baca Juga :   Elit Golkar Klaim Pemindahan Ibukota Tak Ganggu APBN
Advertisement
Loading...
Loading…