Connect with us

Daerah

Terpenuhi Unsur Pidana, Kasus Kredit Fiktif Bank NTT Naik Status

Published

on

Foto : Christopel Malaka

Kupang, realitarakyat.com – Tim penyidik Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang kini meningkatkan status kasus kredit fiktif senilai Rp. 5 miliar ke penyidikan (Dik).

Naiknya status kasus tersebut dari penyelidikan (LID) menjadi Penyidikan (DIK), karena ditemukannya unsur tindak pidana oleh tim penyidik Tipidsus Kejari Kota Kupang.

Demikian diungkapkan Kajari Kota Kupang, Winarno melalui Kasi Intel Kejari Kota Kupang, Christopel Malaka yang ditemui di Kantor Kejari Kota Kupang, Senin (5/8).

Dijelaskan Malaka, dalam kasus tersebut tim penyidik telah memeriksa sejumlah saksi diantaranya pegawai Bank NTT, Linda Luidianto dan Hadmen Puri.

“Kasusnya sudah kami tingkatkan dari penyelidikan (Lid) ke penyidikan (Dik) karena terpenuhi unsur pidananya,” kata Malaka.

Diungkapkan Malaka, dalam proses pinjaman oleh Linda Liudianto pihak Bank NTT tidak melakukan survei atau verifikasi terhadap agunan yang dijaminkan oleh Linda Liudianto.

“Proses verifikasi atau survei tidak dilakukan oleh pihak Bank NTT sesuai dengan aturan yang berlaku. Pihak Bank juga tidak cros cek soal agunan yang dijaminkan,” terang Malaka.

Dilanjutkannya, agunan yang dijaminkan oleh Linda Liudianto tidak sesuai dengan administrasinya seperti luas tanah yang tidak sesuai serta sejumlah agunan yang tidak ada namun dibuat ada.

“Fisiknya tidak sesuai dengan agunan yang dijaminkan baik rumah maupun tanah yang menjadi agunan,” ungkap Kasi Intel Kejari Kota Kupang.

Menurutnya, tim penyidik Tipidsus Kejari Kota Kupang saat ini masih melakukan penyidikan atas orang yang dianggap paling bertanggung jawab dalam proses pencairan untuk Linda Liudianto.

“Yang jelas bahwa ada orang Bank NTT yang membantu memuluskan proses kredit Linda Liudianto,” ujarnya.(rey)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Pemkot Madiun Luncurkan Kartu Elektronik Angkutan Sekolah Gratis

Published

on

Continue Reading

Daerah

“Te’o “, Buaya Tangkapan BBKSDA NTT Bertelur

Published

on

Te'o Buaya BBKSDA NTT / Ist
Continue Reading

Daerah

Jadi Tersangka Korupsi, Kadis PU TTS Segera Diadili

Published

on

Kepala Dinas PU TTS, Samuel Nggebu / Net
Continue Reading




Loading…