Connect with us

Ekonomi

Akibat Pemadaman Listrik, 21 Juta Pelanggan Alami Kerugian

Published

on

Jakarta, RealitaRakyat.com – Buntut pemadaman listrik yang terjadi pada sebagian wilayah di pulau Jawa dan Bali pada Minggu (4/8/2019) kemarin, sebanyak 21 juta pelanggan mengalami kerugian.

Akibatnya Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan kompensasi yang akan diberikan akibat pemadaman listrik tersebut berkisar mencapai Rp1 triliun.

“Kemungkinan Rp1 triliun. Kompensasi itu sedang dihitung PLN,” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Menurut Rida, pemberian kompensasi itu mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) Nomor 27 Tahun 2017 tentang Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Dalam pasal 6 Permen tersebut dicantumkan PLN wajib memberikan pengurangan tagihan listrik kepada konsumen apabila realisasi tingkat mutu pelayanan tenaga listrik melebihi 10% di atas besaran tingkat mutu pelayanan. Pengurangan tagihan dibagi dua, yakni sebesar 35% untuk pelanggan dengan tariff adjustment (TA) dan 20% untuk pelanggan non-TA.

Sementara untuk pelanggan dengan tarif prabayar, pengurangan tagihan berdasarkan pembelian token tenaga listrik pada bulan berikutnya. Meski begitu, PLN akan merevisi aturan tersebut guna mengakomodir secara lebih adil lagi terkait kewajiban kompensasi bagi pelanggan.

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Kemendag Kawal Stabilitas Harga dan Pasokan Bapok Jelang Natal dan Tahun Baru

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Ekonomi

Indonesia Raup USD 4,1 Miliar di CIIE 2019 Shanghai

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Kementerian ESDM Bagikan Paket Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan dan Petani

Published

on

Sejumlah pompa air yang sudah dimodifikasi dengan bahan bakar gas disiapkan untuk petani dalam sosialisasi konversi BBM ke BBG di Pendapa Rumdin Bupati Sragen, Selasa (12/11/2019). (foto: dok solopos/net)
Continue Reading




Loading…