Connect with us

Daerah

Soal Pembatalan Qanun dan Bendera, Azhari Cage: Berhentilah Obok-obok Aceh

Published

on

LANGSA, Realitarakyat.com– Ketua Komisi I DPR Aceh membidangi pemerintahan, politik dan hukum, Azhari Cage menolak pembatalan sepihak terkait Qanun Aceh No: 3/2013 tentang Bendera dan Lembaga Aceh.

“Kalau surat surat Menteri Dalam Negeri RI, No: 188.34/2723/SJ, tertanggal 26 juli 2016 tentang Pembatalan Qanun Aceh No: 3/2013 tentang Bendera dan Lembaga Aceh yang ditandatangani Mendagri, Tjahjo Kumolo benar, saya menolak,” ungkap Azhari, Jumat (2/8).

Dikatakan, pembatalan itu di luar prosedur, tidak melalui makanisme dan tidak pula pernah dimusyawarahkan dengan DPR Aceh. Bahkan dia nilai, surat itu janggal sebab ada tembusan ke DPR Aceh. Bahkan sejak dikeluarkan sa,pai saat ini tembusan surat itu tidak pernah diterima DPR Aceh. Surat itu hanya beredar di luar.

Padahal, kata Azhari, dalam surat itu ada poin penting yaitu sejak dikeluarkan surat ini sampai jangka waktu 14 hari bila keberatan bisa mengajukannya ke Presiden. Ironisnya, sejak dikeluarkan sampai sekarang belum kita terima.

“Bagi saya, surat itu adalah penghianaan terhadap Aceh, juga pengkhianatan terhadap perdamaian Aceh, MoU dan UUPA. Ini tentunya tak boleh dibiarkan, karena itu makanisme yang tidak lazim secara perundang-undangan. Ssejak 2013 sampai sekarang, kita masih coling down dan belum pernah pembahasan untuk pembatalan.”

Karena itu, DPR Aceh, kata dia, Qanun No: 3/2013 masih sah karena pembatalannya tidak sah, kalau Pemerintah Pusat terus-terusan mengkhianati Aceh. Kepercayaan masyarakat Aceh kepada pusat akan hilang. Imbasnya tentu mengancam perdamaian Aceh yang sudah menjadi model dunia.

“Berhentilah mengobok-ngobok Aceh. Kita menolak pembatalan Qanun No: 3/2013. Kita menganggap qanun itu masih sah sebelum ada pembicaraan sesuai dengan makanisme,” demikian Azhari Cage. (MS)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Aliran Anak Kali Pepe di Boyolali Airnya Menghitam

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kurang Bukti, Polisi Bebaskan 13 Remaja yang Diduga Pesta Narkoba di Tanjungbalai

Published

on

Continue Reading

Daerah

Meski Sudah Ambil Formulir, Ginda Belum Pastikan Akan Daftarkan Diri di Pilkada Solo

Published

on

Ginda Ferachtriawan / Net
Continue Reading




Loading…