Connect with us

Nasional

Kemendagri Gandeng Kemenag dan Polisi, Evaluasi AD/ART FPI

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Untuk melakukan evaluasi terhadap Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga serta aktivitas dari Organisasi Kemasyarakatan Front Pembela Islam (FPI), Kemendagri melibatkan Kementerian Agama dan Lembaga Kepolisian. Demikian dikatakan Kapuspen Kemendagri Bahtiar.

Menurut Bahtiar, Evaluasi ini bertujuan untuk melihat sejauhmana penggunaan dasar negara Pancasila dalam organsiasi tersebut.

“Ya itu nanti tentu jadi bahan pertimbangan. Tapi kan kalau soal seperti itu substansi. Tergantung substansi apa yang nanti ditemukan. Misalnya substansi tentang keagamaan, tentu ditanya lagi Kementerian Agama,” kata Bhatiar di Jakarta, Kamis,(1/08/2019)

Bahtiar juga menambahkan, proses evaluasi ini tidak hanya untuk memeriksa aturan-aturan dalam organisasi tersebut.”Pemeriksaan menyertakan aktvitas dan rekam jejak dari FPI selama beberapa tahun terakhir,” ujarnya.

Lebih lanjut Bahtiar menjelaskan, pemeriksaan dan evaluasi terhadap AD/ ART terhadapm FPI merupakan bentuk verifikasi faktual dan substansial yang dilakukan oleh Kemendagri terhadap ormas FPI. “Jika terbukti tidak ditemukannya unsur Pancasila dalam aturan organisasi tersebut, maka akan diproses lagi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Menteri Agama Minta Pemda Ikut Perhatikan Sekolah sekolah Agama
Advertisement
Loading...
Loading…