Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ekonomi

DPR Desak Pemerintah Tindak Tegas Importir Kopi Ilegal Lampung

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Terkait ditemukannya 8.000 ton biji kopi impor dari Vietnam berkualitas rendah yang beredar di Provinsi Lampung akhir-akhir ini, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) minta pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menindak tegas pengimpor tersebut.

Selain melalui Kemendag RI, juga melalui Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) bersama Kepolisian untuk menyelidiki dan menindak tegas oknum importir yang mengimpor kopi berkualitas rendah tersebut.

“Kopi impor yang dijual dengan harga murah itu mengganggu stabilitas produk lokal dan tata niaga perkopian. Khususnya di Lampung sebagai salah satu daerah penghasil kopi yang bagus. Apalagi kopi impor itu dicampurkan dengan kopi lokal,” tegas Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu, (31/7/2019).

Karena itu, politisi Golkar itu mendorong Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) untuk menindak tegas distributor yang mendistribusikan kopi impor berkualitas rendah ke pasaran Lampung dan sekitarnya itu. Sekaligus melakukan razia berkala untuk menghindari distributor nakal tersebut.

Tindakan tegas tersebut menurut Bamsoet, sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk memberikan efek jera.

“Direktorat Jenderal Bea Cukai (Ditjen Bea Cukai) juga harus meningkatkan pengawasan terhadap barang-barang impor yang masuk ke Indonesia dan memeriksanya secara ketat berikut surat izin yang dimiliki, karena barang impor ilegal dan selundupan itu akan mempengaruhi stabilitas harga,” pungkasnya.

Baca Juga :   Jokowi : Jangan Di Pelintir, Siapa Bilang Saya Mau Gaji Pengangguran
Advertisement
Loading...
Loading…