Connect with us

Nasional

Capim KPK Harus Bersih Dari Masa Lalu

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com –  Drektur eksekutif political and public policy studies (P3S), Jerry Massie menilai, Untuk menentukan capim KPK maka tim pansel harus menyeleksi dari nama-nama yang sudah lolos administrasi.

“Yang utama mereka yang tak pernah terlibat kasus korupsi, bahkan tidak pernah menangangi kasus korupsi serta membebaskan tersangka koruptor,” ujar Jerry di Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Jerry berpendapat, DPR juga harus mendorong agar seleksi dipercepat di Komisi III. Uji kelayakan dan kepatutan di DPR harus kredibel dan transparan. Hindari titipan partai maupun lembaga tertentu.

Untuk itu, kata Jerry, dari awal sangat menentukan, kalau bisa ada wakil dari akademisi, profesional, advokad, jaksa, polisi biar nantinya sinkron.

Begitu pula calon pimpinan KPK harus melaporkan aset yang dimilikinya atau hartanya baik yang bergerak dan tidak bergerak. Itu wajin di publish ke publik.

“Selain itu, pengalamanan di bidang penanganan korupsi menjadi syarat mutlak. Lebih dari itu para capim nama mereka bersih dari praktek korupsi,” ujarnya.

Oleh karenanya, Jerry mendorong, agar DPR harus  menyaring kalau tak sesuai maka bisa di gugurkan. “Jangan sampai bermasalah dan dipilih DPR juga,” tegasnya.

Yang selama ini juga perlu kejelasan dari KPK khususnya pimpinan yang terpilih yakni barang-barang sitaan KPK sampai OTT dikemanakan barang tersebut.

DPR harus imparsial jangan sampai terkesan ada yang menunggangi. Komitmen juga pimpinan KPK nantinya siap mundur jika tak mampu menuntaskan kasus-kasus besar yang belum terungkap contoh ; kasus BLBI dan sebagainya.

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Menteri Abdul Halim Akui Bingung Dengan Istilah Desa Fiktif

Published

on

Mendes-PDTT Abdul Halim Iskandar / Net
Continue Reading

Nasional

Merasa Tak Salah, Sukmawati Ogah Minta Maaf

Published

on

Continue Reading

Nasional

Soal Kasus Sukmawati, MUI Siap Kirimkan Saksi Ahli Jika Diminta Polisi

Published

on

Sekjen MUI Anwar Abbas / Net
Continue Reading




Loading…