Connect with us

Nasional

Kuota Haji Bertambah Hingga 250 Ribu Orang

Published

on

Mekkah, Realitarakyat.com – Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel sedang memperjuangkan kuota haji hingga mencapai angka 250.000 orang melalui jalur diplomasi dengan Pemerintah Arab Saudi.

Agus berharap agar kuota haji bertambah 19.000 orang dari tahun ini yang sudah mencapai 231.000 orang.

Alhamdulillah tahun ini Indonesia mendapat tambahan 10 ribu sehingga jumlah kuota 231 ribu, kata dia, Selasa waktu setempat.

Pihaknya telah berkomunikasi dengan otoritas yang menangani haji di Arab Saudi bahwa kuota 231.000 tahun ini telah ditetapkan sebagai kuota haji permanen bagi Indonesia.

Namun, angka itu masih diharapkan bertambah hingga 250.000 sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Kami berharap karena kami mintanya berdasarkan arahan Presiden Jokowi, Indonesia tahun ini idealnya di angka 250 ribu kuota sehingga kami masih ada lagi tugas untuk angka 19 ribu dari 231 ribu ini. Insyaallah tahun-tahun ke depan kita akan selalu melakukan diplomasi haji, katanya.

Ia mengatakan untuk diplomasi haji di Arab Saudi setidak-tidaknya melibatkan 15 lembaga atau dan termasuk Kemenlu, Kemendagri, Kementerian Haji dan Umrah, dan juga lembaga lain yang terkait.

Menurut dia, haji merupakan diplomasi yang begitu dahsyat karena melibatkan dialog antar-peradaban, dialog antarbudaya, dan dialog antarkultur.

Arab Saudi mulai menebarkan dan menguatkan bahwa Islam merupakan agama yang moderat dan hal itu menjadi ada titik temu dengan Indonesia.

Dan ini Indonesia sudah begitu ‘expert’ dalam menegakkan Islam moderat ini bahwa Islam hanya mengenal satu bahasa yaitu bahasa perdamaian, katanya.

Oleh karena itu, terkait dengan diplomasi penambahan kuota haji ia berpendapat bahwa hal itu merupakan tugas bersama, khususnya Kementerian Agama dengan KBRI.

Kita akan melakukan pendekatan-pendekatan dengan Saudi, jadi bertambahnya kuota harus diimbangi dengan fasilitas yang ada di Saudi ini, dan Saudi begitu.(Hasyim)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Cara Berpikir Radikal Harus Diputus

Published

on

Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto: Ist)
Continue Reading

Nasional

Wapres: Penggunaan Kekerasan Berdalih Agama Sering Digunakan

Published

on

Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto: Ist)
Continue Reading

Nasional

BPIP Sosialisasikan Pancasila ke Ratusan Siswa Seluruh Indonesia

Published

on

Continue Reading




Loading…