Connect with us

Daerah

Untuk Hindari Kemacetan, Dishub Langsa Uji Coba Rekayasa Jalur Satu Arah

Published

on

LANGSA, Realitarakyat.com– Untuk menghindari kemacetan akibat semakin banyaknya kendaraan roda dua dan empat yang melintasi ruas jalan di Kota Langsa, Dinas Perhubungan setempat melakukan uji coba rekayasa lalulintas satu arah, Senin (29/7).

Pj Kepala Bidang Transportasi Darat Dishub Langsa, Joko Pranata mengatakan, uji coba rekasaya lalu lintas satu arah dilakukan pukul 07.00 hingga 12.00 WIB. Semua titik jalan yang masuk kawasan uji coba dijaga puluhan petugas Dishub, Sat Lantas Polres Langsa serta Satpol PP.

Pada hari pertama uji coba, pengendara sepeda motor susah diatur agar mereka mengikuti sistem jalur lalu lintas satu arah. Bahkan tidak sedikit yang melakukan komplain dengan alasan repot memilih jalan. Sejumlah warga di sekitar jalan Vihara Gampong Blang Senibong malah dengan sistem satu arah itu membuat mereka harus berputar jauh.

Setelah diberi petugas pemahaman, akhirnya warga mau mengikuti aturan sesuai dengam rambu-rambu jalan yang telah dipasang. “Hari pertama kita akui masih susah diatur khususnya sepeda motor, Pengendara roda empat dan roda tiga tidak ada komplain,” kata dia.

Uji coba rekayasa lalulintas jalur satu arah dilakukan sampai 14 hari ke depan. Dari ujicoba itu dilakukan evaluasi untuk perbaikan jika ada kekurangan. Setelah itu baru ditentukan penerapan sistem lalulintas. Tujuannya, menghindari kemacetan parah yang selama ini terjadi di berapa titik di kawasan pusat kota meliputi Pasar Langsa dan Jalan Iskandar Muda (toko belakang).

Jalur uji coba yakni mulai dari Simpang Tiga Masjid Raya persisnya depan Pos Barakate (Pasar Langsa) mengarah lurus masuk ke Jalan Pasar belakang Langsa Town Square (Latos), bertemu disimpang tiga pasar bisa lurus ke Jalan Tugu Polantas (Jalan Medan-Banda Aceh).

Pengendara yang mau ke pasar ikan, diarahkan ke jalur kiri tembus ke jalan samping Vihara Pekong. Khusus di jalan Terminal Lama juga diberlakukan jalan satu arah untuk kendaraan roda empat.

Kendaraan dari jalan dua jalur (Jalan Iskandar Sani) dibolehkan lurus tembus ke jalan Terminal Lama, atau berbelok ke kiri masuk ke jalan Mushalla Gampong Blang Senibong tembus ke persimpangan Vihara (Jalan Terminal Lama).

Untuk jalur rekasayasa lalulintas titik kedua, diawali dari Jalan Iskandar Muda (Toko Belakang) di simpang pertemuan satu arah tembus ke jalan dua jalur (Jalan TM Zein) atau persimpangan warkop Desember. (MS)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Ribuan Umat Kristiani Salatiga Gelar Christmas Parade

Published

on

Peserta Christmast Parade di Salatiga, Jawa Tengah. (Foto: Ist)
Continue Reading

Daerah

Di Hadapan Jemaat Tanjungbalai, Erwin S Siregar Sampaikan Makna Perayaan Natal

Published

on

Continue Reading

Daerah

Sekda Diminta Ikut Bertanggung Jawab atas Pemotongan Dana Kotaku Sebesar 15 Persen

Published

on

Continue Reading




Loading…