Connect with us

Nasional

Ketua DPR Minta Kemnaker dan Polri Hentikan Perdagangan Anak

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Polri merazia dan menghentikan penyalur tenaga kerja perekrut anak di bawah umur. Anak-anak itu direkrut dengan modus perekrutan tenaga kerja.

“Kami minta Kemnaker bersama Kepolisian RI melakukan razia, penelusuran dan menghnetikan agen-agen modus penyaluran tenaga kerja itu, terutama terhadap penyalur tenaga kerja yang tidak memenuhi persyaratan. Baik izin operasional maupun akta pendiriannya agar ditindak tegas berdasarkan Pasal 3 dan Pasal 4 UU No 21/2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang,” tegas Ketua Golkar itu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/7/2019).

Bamsoet minta kepolisian bekerja sama dengan Ditjen Imigrasi untuk memperketat pemberian paspor dan melakukan pengawasan di setiap pintu keluar-masuk Indonesia. Seperti bandara dan pelabuhan.

Juga melakukan patroli laut agar dapat mencegah lolosnya pengiriman anak-anak ke luar Indonesia. “Khususnya di pelabuhan-pelabuhan tikus,” ujarnya.

Selain itu, Bamsoet mendorong pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja lebih luas guna
Meminimalisir perekrutan tenaga kerja anak-anak yang seharusnya belajar 9 tahun dengan gratis tersebut.

“Jadi, pemerintah melalui Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah harus mewajibkan anak-anak wajib belajar 9 tahun secara gratis serta pemberian bantuan beasiswa terhadap anak yang mempunyai kemampuan secara akademis,” tambahnya.

Terakhir kata Bamsoet, para orang tua agar tidak mudah terkecoh iming-iming uang yang banyak oleh oknum perdagangan anak. “Hendaknya orang tua untuk tidak tergiur iming-iming gaji besar yang ditawarkan oknum tertentu agar anaknya selamat dari jebakan perdagangan orang,” pungkasnya.

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

DPR Minta Pemerintah Waspadai Penyebaran Virus Corona

Published

on

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo saat kunjungan kerja spesifik komisi IX DPR RI di Demak, Jawa Tengah, Kamis (23/1/2020). (foto : Dep/Man/ist/net)
Continue Reading

Hukum

Kasus Jiwasraya, Misbakhun: Penyidikan OJK Kalah Cepat dengan Kejagung

Published

on

Continue Reading

Nasional

Meski Tak Seluruh Usulannya Disetujui, KY Tetap Apresiasi DPR

Published

on

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial (KY), Aidul Fitriciada Azhari. (foto: net/ist)
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending