Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Agustus Nanti Presiden Jokowi Akan Umumkan Ibukota Baru Indonesia

Published

on

Tapanuli Utara, Realitarakyat.com – Rencana pemindakan ibu kota negara ke luar Jawa bukan isapan jempol. Lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta ini akan diumumkan bulan depan
Presiden Jokowi memastikan ibu kota negara yang baru terletak di pulau Kalimantan. Namun, dia masih mengunci rapat lokasi persisnya.

“Memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantan yang mana yang belum. Nanti kita sampaikan Agustuslah,” kata Presiden dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (30/7/2019).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, kajian pemindahan ibu kota terus dikebut. Jika kajian itu selesai, maka detail pemindahan ibu kota bisa dijelaskan.

“Saya kira kalau sudah rampung, sudah tuntas, detailnya sudah dipaparkan, untuk kajian kebencanaan seperti apa, kajian mengenai air, kajian mengenai keekonomian, kajian mengenai demografinya, masalah sosial politiknya, pertahanan keamanan, semuanya karena memang harus komplit,” tutur dia.

Presiden memastikan pemerintah tidak akan tergesa-gesa dalam melalukan proses pemindahan ibu kota. Namun, dia ingin kebijakan ini bisa diputuskan secara cepat.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang PS Brodjonegoro sebelumnya mengungkapkan lokasi ibu kota negara yang baru akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi.

Bambang menyebut lokasi pemindahan ibukota ada di Pulau Kalimantan. Namun ia enggan menyebutkan nama provinsinya.

“Pulaunya Kalimantan, provinsinya nanti (menyusul),” ujar Bambang.

Pada Mei lalu, Presiden telah mengunjungi dua tempat di Pulau Kalimantan yang dinilai berpotensi sebagai lokasi ibukota negara. Kedua lokasi itu adalah Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kaltim), dan Kabupaten Gunung Mas (Kalteng).(Wahyu/ M Sianturi)

Baca Juga :   Inilah Alasan MK Sahkan Suket Dipakai Untuk Nyoblos
Advertisement
Loading...
Loading…