Connect with us

Ragam

Akibat Tiket Pesawat Dalam Negri Mahal, Berbondong – bondong Liburan Ke Malaysia, Berikut Tips Wisata di Malaysia

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Malaysia sebagai salah satu negara di Asia Tenggara rupanya menjadi destinasi liburan yang seru selain Singapura. Banyak juga masyarakat tanah air yang memilih untuk berjalan-jalan dan berkeliling Malaysia ketika masa liburan datang karena cukup dekat dengan Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan adanya beragam tempat wisata di Malaysia yang sangat komplit untuk memuaskan waktu liburan para wisatawannya.

Apalagi saat ini, Tiket pesawat dalam negri Sangat tinggi sehingga banyak Masyarakat Indonesia milih liburan ke Luar Negri Seperti Malaysia, Singapura dan Bangkok.
Jika ada hendak ke Malaysia , Mungkin sudah banyak panduan wisata Malaysia yang kamu baca sebagai referensi karena kamu sedang merencanakan untuk pergi liburan ke Kuala Lumpur, Malaysia, namun disini saya sedikit membantu membagi pengalaman saat wisata ke tempat – tampat Wisata di Malaysia.
 
Berikut Pengalaman Saya Saat berlibur bersama Keluarga ke Malaysia.
 

Negara Malaysia juga menjadi negara tetangga yang paling sering dikunjungi. Selain karena letaknya yang dekat, biaya liburan di Malaysia tidak terlalu mahal. Untuk pemula yang ingin berlibur ke luar negeri pertama kali, negara ini pun termasuk yang recommended.

Malaysia menjadi negara yang cocok untuk destinasi liburan karena berbagai tempat wisatanya yang menarik. Menurut laporan World Tourism Organization (WTO), Malaysia disebut sebagai destinasi wisata nomor 3 di dunia yang paling sering dikunjungi. Bagi Anda yang membutuhkan inspirasi untuk liburan lebaran, Malaysia pun bisa menjadi destinasi wisata pilihan.

Nah, sebelum Anda berangkat ke Malaysia, yuk ketahui apa saja destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di sana.

1. Kuala Lumpur City Gallery

Jika Anda penyuka sejarah dan ingin tahu perkembangan Kota Kuala Lumpur, museum ini harus Anda kunjungi. Tempat yang berada di Jl. Daratan Merdeka ini adalah pusat informasi mengenai sejarah kota Kuala Lumpur. Anda akan mengetahui sejarah dari zaman dahulu hingga menjadi kota besar seperti sekarang.

Di sana, pengunjung bisa melihat video sejarah kota, miniatur kota, dan desain ruangan yang memesona. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat berbelanja kerajinan tangan.

Suasana kota sekitar Dataran merdeka pun memiliki pemandangan yang bagus sehingga cocok untuk berfoto-foto

2. Menara Kembar Petronas

Rasanya ada yang kurang bila berlibur ke Malaysia tapi tanpa mengunjungi Menara tertinggi di negara itu. Menara Kembar Petronas sangat terkenal di dunia sehingga banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Menara ini pernah menjadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 1998 – 2004 dan memiliki ketinggian sekitar 183 kaki (452 meter). Sang arsitek, Cesar Pelli mendesain gedung ini sebagai simbol Kuala Lumpur abad ke 21.

3. Batu Caves

Batu Caves atau Gua Batu merupakan wisata alam dan wisata religi yang populer di Malaysia. Menariknya, guanya terbuat dari batu gamping dan berusia 400 juta tahun. Suasana di kawasan Batu Caves sarat akan nuansa agama Hindu dengan lusikan dan patung-patung dewa di sekeliling gua.

Patung Dewa Muragan setinggi 42 meter pun akan menyambut Anda tepat ketika sampai di kawasan. Patung besar ini sudah sering menjadi latar belakang foto sehingga kerap disebut sebagai patung Malaysia. Batu Caves selalu ramai tiap tahunnya, khususnya saat akhir bulan Januari dimana banyak umat Hindu berkunjung untuk merayakan festival Thaipusam.

4. Taman KLCC

Taman KLCC Malaysia merupakan pusat kota Kuala Lumpur yang terletak dekat dengan menara Petronas. Di kawasan taman, pengunjung dapat berjalan-jalan atau berbelanja di mall terdekat.

Mall di kawasan taman KLCC dikenal sangat lengkap. Selain itu, bangunan mall terhubung langsung dengan metro bawah tanah sehingga berbeda dengan mall-mall lainnya.

Selain mall, di sekitar taman KLCC terdapat hotel, gedung apartemen, dan tempat makan. Namun, rata-rata tempat makan di kawasan ini tergolong mahal.

5. Kota Malaka atau Malacca City

Kota Malaka kerap dikunjungi para wisatawan. Kota ini dikenal sebagai warisan dunia UNESCO sejak 2008. Kota ini menarik pengunjung karena arsitektur, kulinernya dan Pasar Malam Jonker Street. Terdapat berbagai peninggalan kolonial di sekitar kota Malaka yang bisa Anda jelajahi.

6. Legoland Malaysia

Legoland Malaysia adalah taman hiburan bertema Lego yang terletak di Johor, Malaysia. Jika Anda pecinta Lego, maka wajib mengunjungi Legoland Malaysia. Di sini terdapat wahana interaktif dan atraksi seperti mini land. Anda akan melihat monumen ikonik Asia seperti Angkor Wat hingga Taj Mahal berbentuk lego. Menarik, bukan?

7. Jembatan Putrajaya

Putrajaya ialah kawasan di Kuala Lumpur, Malaysia dan kerap menjadi tujuan wisata. Pengunjung bisa menemui banyak bangunan megah dan jembatan besar yang keren. Jembatan Putrajaya atau Seri Wawasan bridge pun salahs satu tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan. Jembatan ini memiliki nuansa yang indah saat malam hari. Desainnya yang unik pun membuatnya kerap dijadikan latar belakang foto.

8. Taman Burung Kuala Lumpur

Di Taman Burung KL, pengunjung bisa bertemu dengan ribuan burung dari spesies lokal maupun asing. Anda juga bisa memberi makanan pada burung-burung tersebut. Kunjungi juga Ruang Inkubasi Telur dan Pemeliharaan Anak Burung untuk melihat pengeraman buatan telur ayam dengan inkubator. Terdapat pula pertunjukan burung setiap harinya saat siang hari.

9. Genting Highlands

Genting Highlands merupakan daerah dataran tinggi di Malaysia. Tempat ini terletak di perbatasan negara bagian Pahang dan Selangor. Anda bisa mencapai Genting Highlands dengan 1 ham berkendara roda empat dari Kuala Lumpur atau dengan kereta gantung Genting Skyway.

Genting Highlands juga dikenal sebagai las vegas-nya Malaysia. Hal ini karena tempat ini satu-satunya tempat berjudi yang legal di Malaysia.

Ada berbagai atraksi yang bisa dinikmati wisatawan ketika berkunjung ke Genting Highlands. Misalnya seperti menaiki cable car, berkuda di Awana Horse Ranch, bersenang senang di The Outdoor Theme Park, atau mengunjungi kuil Chin Swee Caves. Kuliner khas Penang pun bisa Anda nikmati selagi di Genting Highlands.

10. Menara Kuala Lumpur atau KL Tower

Menara Kuala Lumpur dibuka pada 1995 dan memiliki ketinggian 421 meter. Karenanya, menara ini termasuk paling tinggi ke-6 di dunia. Menara Kuala Lumpur memiliki fungsi untuk memperlancar komunikasi dan terdapat dek pengamatan di menara ini.

Saat naik ke menara ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan kota Kuala Lumpur beserta megahnya Menara Kembar Petronas. Jika menyukai tantangan, cobalah tantang diri Anda dengan mencoba KL Tower Sky Box. Keseluruhan Sky Box terbuat dari bahan kaca tebal transparan, termasuk lantainya.

11. Jalan Alor

Bagi yang senang jalan-jalan sekaligus icip-icip makanan, tempat seru untuk dijajah adalah Jalan Alor yang memang paling ramai pada malam hari. Setelah seharian berjalan-jalan, pasti malamnya ingin makan yang enak-enak, maka silakan langsung datang ke surganya penggemar kuliner ini.

Jalan ini ada di kota Kuala Lumpur dan menjadi salah satu tempat wisata terkenal yang menawarkan beraneka ragam jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang bakal membuat perut kenyang setengah mati. Cita rasa dari makanan-makanan tersebut juga tidak usah diragukan lagi karena semuanya nikmat di lidah. Bagi yang ingin menikmati seafood, tanya dulu ke sang penjual tentang harganya dan cobalah untuk melakukan negosiasi harga sebelum order makanan.

12. China Town

Para wisatawan yang mencari spot terbaik di Malaysia untuk puas berbelanja, ada Chinatown yang terletak di Jalan Petaling yang menjajakan beragam jenis barang dengan harga miring. Belanja dan icip-icip makanan bisa dilakukan semua di tempat ini, apalagi makanan ringan.

Macam-macam makanan ringan seperti kacang-kacangan bisa dibeli di Chinatown dan dapat juga dijadikan sebagai oleh-oleh, seperti misalnya kwaci, pistachio dan segala jenis olahan kacang lainnya, bahkan termasuk coklat pun tersedia di sana. Selain makanan, ada banyak penjual aksesoris, baju serta souvenir khas Malaysia yang bisa dibeli.

13. Thean Hou atau Kuil Tua

Berwisata kuil di Malaysia tentu kurang lengkap bila belum berkunjung ke kuil tua yang ada di ibukota Malaysia ini. Thean Hou adalah sebuah kuil yang dalamnya begitu luas dan banyak tempat yang bisa dijadikan lokasi berfoto ria. Jangan takut jika selama berkeliling Anda tiba-tiba merasa lapar karena di bagian basement kuil terdapat sebuah tempat makan. Tempat makan tersebut letaknya tidaklah jauh dari toko yang menjual peralatan sembahyang dan souvenir.

Kebanyakan makanan yang dijajakan di tempat makan basement tersebut adalah makanan khusus untuk vegetarian, jadi bagi yang ingin mengicipi makanan ala vegetarian bisa mencobanya. Untuk menuju ke kuil ini dari Menara Kembar Petronas sebetulnya tidaklah begitu jauh, hanya menempuh jarang sejauh beberapa ratus meter saja Anda sudah sampai. Bagi para umat Buddhis di Indonesia yang ingin berlibur di Malaysia, kuil ini sangat layak disambangi karena sangat bersih dan terawat dengan baik.

14. Brickfields Atau Little India

Kalau biasanya kita mengetahui dan lebih familiar dengan Little India milik Singapura, kali ini yang akan kita bahas tentunya adalah Little India yang ada di Malaysia. Malaysia mempunyai Brickfields yang menjadi surga belanja dan kuliner khas India. Tempat ini pada umumnya adalah lokasi berkumpulnya banyak komunitas keturunan India yang hidup dan tinggal di Malaysia.

Yang suka mengoleksi barang-barang khas India bisa langsung datang ke sini karena ada banyak toko yang menjualnya. Makanan dan minuman khas India juga tersedia, termasuk jajanan kaki lima yang akan muncul tepatnya di malam hari.

15. Mesjid Jamek

Dibangun pada tahun 1909, menjadikan masjid Jamek termasuk salah satu masjid tertua di Kuala Lumpur. Wisatawan tidak hanya dapat berkunjung untuk beribadah, tapi penganut non-muslim juga dapat menikmati keindahan masjid tua yang masih terjaga hingga saat ini.

Sebagai bukti multikultur di Malaysia, masjid ini mengadaptasi gaya Moorish atau Mughal India yang berciri lengkungan di bagian dindingnya. Sementara itu bagian teras masjid mengingatkan pada Masjid Nabawi di Madinah yang memakai penutup.

16. Pasar Seni

 

Sebagai salah satu negara bekas jajahan Inggris, kamu bisa melihat bangunan bergaya Inggris di Pasar Seni atau Central Market. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1888. Untuk mengunjungi kawasan ini, sama sekali tidak dipungut biaya.

Namun, ketika kamu tertarik untuk membeli suvenir untuk oleh-oleh, baru Kamu perlu merogoh kocek. Ada banyak barang etnik dijual di sana. Kamu pun akan merasa nyaman saat berbelanja karena bersih dan dingin.

Untuk menuju ke Malaysia, Anda bisa menaiki kapal apabila berangkat dari Batam. Pesanlah tiket kapal Anda melalui aplikasi Marlin Booking untuk mempermudah perjalanan. Selamat merencanakan libur.(Es)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ragam

Kerap Dibilang ‘Anunya’ Letoy, Suami di Tangerang Tega Bacok Sang Istri

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Hukum

Tak Ingin Disalahgunakan, 7 PPIU Temui Aparat Penegak Hukum

Published

on

Gerakan Kemanusiaan Memberangkatkan Umrah Korban Penipuan Travel. (Foto: Ist)
Continue Reading

Ragam

Faktor Kunci Pemberantasan Korupsi, Fadli Zon: Parlemen Berperan Tingkatkan Budaya Integritas

Published

on

Wakil Ketua DPR-RI, Fadli Zon dan rombongan disambut Ketua Parlemen Qatar, HE Ahmed bin Abdullah bin Zaid al Mahmoud, di gedung Parlemen Qatar, Minggu (21/01/2018). (foto: ist/net/dok Humas DPR)
Continue Reading




Loading…