Connect with us

Nasional

Siap-siap! Sistem Zonasi Guru Segera Dimulai

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Kebijakan zonasi ternyata bukan hanya digunakan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) saja. Tetapi, untuk membenahi berbagai standar nasional pendidikan, seperti kurikulum, sebaran guru, sebaran peserta didik, juga kualitas sarana-prasarana.

Jika sebelumnya peserta didik sudah diterapkan dan ramai mendapat tanggapan baik positif maupun negatif terkait sistem zonasi itu, kali ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bakal memberlakukan sistem zonasi guru.

Hal itu sebagai mana disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di kantor Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2019).

Mendikbud menjelaskan sistem zonasi guru, yang nantinya diterapkan dari redistribusi hingga pelatihan guru di masing-masing zona.

“Semua akan diatur ke jenjang zonasi,” kata Muhadjir.

Hal ini, lanjutnya, juga akan membantu menghemat biaya. Karena nantinya para guru tidak lagi diundang ke pusat pelatihan, para guru akan langsung dilatih di zonanya masing-masing.

“Jadi lebih baik pelatih itu instrukturnya itu turun ke lapangan dan kita menggunakan sistem in and out. Jadi ketika habis dilatih langsung diterapkan di sekolah, kemudian nanti kita tahu dapat feedback apa,” kata dia.

Disampaikan Menteri Muhadjir, peraturan sistem zonasi pendidikan nantinya akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Saat ini, kata dia, Kemendikbud telah memiliki delapan tim supervisi klinis yang akan datang ke daerah dan menjelaskan soal sistem zonasi.

“Nanti Perpresnya, Perpres Zonasi Pendidikan. Jadi semua urusan pendidikan akan ditangani berbasis zonasi. Tidak hanya PPDB saja,” katanya. [ipunk]

Baca Juga :   Jutaan Warga Lampung Hadiri Acara Deklarasi Dukungan Jokowi - Ma'ruf Amin
Advertisement
Loading...
Loading…