Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Luar Negeri

Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi meninggal dunia di usia 92 tahun

Published

on

Tunis,Realitarakyat.com – Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi meninggal dunia di usia 92 tahun, Kamis (25/7/2019), demikian pernyataan kantor presiden.

Sebelumnya Essebsi dilarikan ke ruang ICU rumah sakit militer di ibu kota Tunis setelah kondisinya memburuk.

“Dalam perawatan intensif di rumah sakit militer dan kondisinya tidak baik,” kata putra almarhum, Hafedh Caid Essebsi, kepada AFP, sebelumnya.

Essebsi pernah dirawat di rumah sakit karena sakit parah pada akhir Juni lalu. Namun beberapa pekan kemudian diperbolehkan pulang.

Dalam rekaman video yang dirilis kantor presiden pada Senin lalu, Essebsi tampak sangat lemah saat menghadiri peremuan di kementerian pertahanan.

Essebsi merupakan presiden pertama Tunisia yang dipilih secara demokratis. Dia berkuasa sejak 2014 atau 3 tahun setelah pemberontakan Arab Spring, menggeser penguasa lama, Zine El Abidine Ben Ali, serta memicu pemberontakan di beberapa negara Arab.

Sebagai politisi senior, Essebsi pernah menjabat penasihat Habib Bourguiba, Bapak Kemerdekaan Tunisia yang berjasa melepaskan negara itu dari penjajahan Prancis. Dia juga memegang jabatan penting di pemerintahan Ben Ali.

Dia pernah menjadi kepala kepolisian nasional dan menteri dalam negeri. Jabatan lainnya adalah menteri pertahanan serta Duta Besar Tunisia untuk Prancis.

Usai pemberontakan pada 2011, Essebsi menjadi perdana menteri dan menyelenggarakan pemilihan anggota parlemen.

Pada April 2019, dia memberi sinyal tak akan mencalonkan kembali dalam pemilihan presiden yang akan digelar pada November. Dia ingin menberi kesempatan kepada para politisi muda.

Pemilihan presiden akan digelar pada 17 November 2019 atau setelah pemilihan parlemen yang berlangsung pada 6 Oktober.(Hasyim)

Baca Juga :   Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Dinobatkan jadi Raja Malaysia
Advertisement
Loading...
Loading…